Review

Review GoClean, Tumpukan Baju Rapi dalam Satu Jam

Aplikasi GoLife

Review GoClean

Curhatku

Ini tulisanku tentang Review GoClean. Salah satu layanan jasa yang membantu pekerjaan rumahku. Sebelum kutuangkan pengalamanklu, dalam review ini, aku mau curhat dulu, nih, hehehe.

Yah… Andai saja orang lain paham, aku hanya butuh sedikit rehat dari segala rutinitas yang bikin penat. Aku bukan ingin melepas tugas dan tanggung jawab sebagai ratu rumah tangga. Aku tetap pemilik kerajaan kecil bernama keluarga. Anak-anak masih kecil, beban tugas mereka di sekolah juga bikin prihatin. Rasanya  nggak tega berbagi beban pekerjaan rumah dengan mereka. Malah, biasanya untuk urusan PR pun (jika ada) aku masih harus turun tangan membantu.

Satu hari, aku benar-benar tidak sanggup menguurus sedemikian banyak cucian. Seragam sekolah, baju bau ompol, kain lap terkena tupahan kuah, belum tersentuh. Bahkan lantai yang beberapa hari tidak tersentuh kain pel, seperti memanggil. Duh… lambaikan tangan ke kamera, aku meyerah saja!

Bu ibu, pernah merasakan curhatan di atas?

Begitulah perempuan, saat semua tugas datang bersamaan, rasanya ingin sebentar menghilang. Mangatur nafas, mengembalikan tenaga dan semangat supaya kembali dalam keadaan lebih siap.

Baca juga : Kenapa, sih, Menjaga Kesehatan Mental itu Penting?

Saatnya Cari Bantuan

Memang sih, pekerjaan rumah itu sepele, sederhana dan siapapun bisa melakukannya. Menyapu, mencuci (lebih tepatnya menunggui mesin cuci :D), dan kalau mau memasak atau membuat kue. Tapi siapa sangka dari sekadar kegiatan menyapu, mengepel dan mencuci piring ini, perempuan sudah mengabiskah hampir seluruh waktunya dalam sehari?

Itulah mengapa, tiap perempuan (ibu rumah tangga) membutuhkan bantuan orang lain. Yang paling tepat memang dari anggota keluarga yang lain. Tetapi kalau kasusnya seperti curhatan tadi, cukup sulit juga, kan, untuk, mendapat bantuan?

Padahal saat ini, cukup susah mencari Asisten Rumah Tangga. Gadis desa sekarang lebih memilih kerja di pabrik atau di restoran. Jadi penjaga toko atau jualan online, sehingga secara “jabatan” lebih terdengar mentereng. Padahal kalau dibandingkan dengan beban pekerjaan dan gaji yang diperoleh, terkadang tidak seimbang.

Tapi, begitulah… zaman sekarang tampilan menjadi hal yang lebih penting dibandingkan kenyataan. Makanya semua keluarga dituntut untuk memiliki kemandirian.   Pertanyaannya, apakah kita sanggup selalu dalam keadaan siaga setiap waktu? Rasanya ini mustahil.

Untungnya, zaman seperti sudah menyiapkan pengganti dari kemudahan yang telah hilang. Banyak penyedia barang dan jasa online yang menawarkan berbagai bantuan. Bantu beli barang, bantu antar jemput barang dan orang, termasuk mengisi posisi ART yang sudah lama kosong. Nama penyedia jasanya adalah Golife

Aplikasi GoLife
Aplikasi GoLife (Screen shot from GoLife)

Mengenal GoLife

Golife ini adalah merupakan pengembangan usaha dari start up Gojek yang sudah sering kita gunakan.  Ini adalah aplikasi yang menyediakan beragam layanan jasa dalam satu aplikasi. Mottonya adalah “Bikin kebutuhan harian ga jadi beban”

Layanan yang disediakan GoLife

  • GoMassage

Ini merupakan layanan pijat profesional keluarga on-demand dari GoLife. Layanan GoMassage dapat dipesan untuk layanan di manapun. Kategori layanannya meliputi Body Rejuvenation atau pijat relaksasi untuk seluruh anggota keluarga untuk mengembalikan kesegaran badan. Lalu Reflexology, atau pijat refleksi yang memberi pijatan pada titik-titik refleksi untuk mengembalikan kesegaran badan. Dan buat ladies ada layanan istimewa berupa Beauty Massage, kombinasi pemijatan dan perawatan kulit.

  • GoClean

Layanan GoClean terdiri dari dua jenis, yaitu reguler dan spesial. Pada pilihan reguler terdapat keterangan layanan kebersihan menggunakan peralatan Go-Life. Estimasi pengerjaan 20-30 menit untuk satu ruangan. Pada aplikasi juga ditulis ruangan mana saja yang bisa dibersihkan oleh mitra Go-Clean (sebutan untuk pekerja yang membersihkan). Ruangan yang dimaksud yaitu kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang makan, ruang keluarga, dan ruang tamu.

Mitra Go-Clean juga bisa diminta  membersihkan kulkas, dan menyeterika. Nah, ini yang aku butuhkan, menyetrika. Satu pekerjaan yang harus dilakukan khusus, tidak bisa bersamaan dengan pekerjaan lain. Pekerjaan ini yang menurutku paling berat dibanding pekerjaan rumah lainnya. Fix layanan ini yang akan kupesan, layanan reguler berupa seterika.

Supaya sekalian paham layanan yang lain aku klik juga apa isi layanan spesial Go-Clean itu. Ternyata berisi paket pembersihan kost dan apartemen dengan ketentuan ukuran antara 7,5 – 15 meter persegi.

Wah, lumayan juga nih untuk anak kost yang sibuk dengan kegiatan di luar. Sedangkan layanan setrika pada pilihan ini adalah menggunakan peralatan setrika kita sendiri. Eh, nggan jadi fix yang reguler deh, aku ganti yang spesial aja, pakai peralatan sendiri

  • GoAuto

Ini layanan yang berhubungan kebersihan dengan mobil dan motor. Kalau malas cuci mobil atau motor, tinggal pesan GoAuto maka mitra Go-Auto akan segera datang membantu.

  • GoGlam

Ternyata belum semua layanan tersedia di tiap kota. Sewaktu ku-klik layanan ini, muncul keterangan bahwa “layanan ini belum tersedia”

  • GoFix

Ini berupa perbaikan sesuai permintaan yang akan disesuaikan dengan ketersediaan mitra Go-Fix

  • GoLaundry

Aku belum bisa menulis tentang layanan ini, karen ketika di-klik informasinya sama dengan layanan GoGlam. Tetapi secara umum GoLaundry menyediakan layanan yang sama dengan penyedia jasa binatu (laundry), hanya saja GoLaundry akan menjemput dan mengantar baju yang dilaundry.

Baca juga : Do & Don't Dalam Membuat Tulisan Review

Saatnya Mencoba

Baiklah, mamak-mamak seperti diriku mana mungkin elewatkan diskonan berlalu. Waktu iseng bukna GoLife, ternyata ada promo potongan harga 50%. Mumpung lagi mager, kucoba aja salah satu layanan yang ada GoClean untuk setumpuk kecil gunungan seterikaan.

Begini nih, langkah yang kuambil

  1. Membuka aplikasi GoLife dan memilih layanan GoClean. Bisa juga menulis “seterika” pada kolom pencarianLayanan GoClean

    layanan GoClean Reguler atau Istimewa
    Layanan GoClean
  2. Klik layanan seterika yang tersedia, reguler atau spesial. Hmm,.. aku klik yang spesial. Artinya dengan peralatan kita sendiri.
  3. Memilih durasi layanan. Dibawah angka durasi (dalam hitungan jam) terdapat tarif yang dibebankan. Besarnya tarif dimulai dari Rp. 35.000 (1 jam) sampai Rp.115.000 (5 jam). Karena seterikaan hanya sedikit, aku pilih layanan 1 jam.
  4. Pilih preferensi penyedia jasa. Aku pilih mitra GoClean wanita

    pilihan penyedia layanan GoClean
    pilihan penyedia layanan
    (Screenshot aplikasi)
  5. Konfirmasi pesanan. Pada halaman ini terdapat beberapa hal penting yang berkaitan dengan pesanan

    ketentuan layanan seterika GoClean
    ketentuan layanan seterika (Screenshot aplikasi)
  • Mengatur waktu layanan yang kita inginkan.
  • Memilih titik dimana seterika baju dilakukan, termasuk catatan khusus tentang lokasi, supaya mitra mudah menuju lokasi.
  • Memilih mitra favorit, supaya pesanan kita masuk pada mitra favorit kita. Karena ini baru pertama kali aku belum punya mitra favorit.
  • Syarat dan ketentuan
  • Detail pembayaran
  • Pengguanaan voucher (jika ada)
  • Ringkasan pesanan dan tombul “pesan” pada bagian akhir
  1. Terhubung dengan mitra GoClean

Sebentar kemudian aku terhubung dengan mitra yang akan menyeterika baju-baju. Aku memanfaatkan fitur chat untuk memastikan pesanan dengan mitra, dan memandunya sampai ke tempatku berada.

  1. Pelaksanaan

Tak berapa lama, mitra pun tiba di rumah saya. Tas perlengkapan dibiarkan nangkring di motor karena aku memilih menggunakan alat seterika sendiri. Setelah sampai di tempat seterika, dengan sigap mbak Erly (nama mitra GoClean) membalik baju dan meletakkannya pada keranjang terpisah. Pada baju berkancing, mbak Erly juga mengancingkannya dulu. Setelah selesai menyiapkan baju-baju, mbak Erly mulai menyeterika. Sementara itu saya kembali ke depan komputer di ruangan sebelah tempat seterika.

  1. Akhir pengerjaan.

Kira-kira satu jam berlalu, mbak Erly memanggil saya dan menunjukkan setumpuk pakaian di meja sebelah kiri meja seterika. Wow.. semua sudah terlipat rapi dan bau wangi. Aku pun segera menyerahkan selembar uang seperti yang tertulis dalam pesanan. Tak lupa kuucapkan terimakasih karena hari itu aku betul-betul sangat terbantu.

kesan pelayanan GoClean

 

Nah, itulah pengalamanku mengguanakan jasa GoClean dari GoLife. Bintang 4 kuberikan untuk mbak Erly, dan aku pun bisa melanjutkan naskahku setelah mengantar mitra ini sampai pintu gerbang.  Lega, rasanya!

Ini Komentarku

Seperti tadi kutulis, bahwa aku sangat terbantu dengan layanan GoClean ini. Next time kalau body lagi mager dan pengen dipijit manja, bisa pesan GoMassage juga, hehe.

Kalau boleh pesan untuk Anda yang mau coba layanan GoLife, ada beberapa catatan, nih

  1. Pastikan titik tempat pengerjaan, karena sering kurang tepat pada awal memasukkan pesanan. Gunakan fitur chat untuk emmbantu mitra menuju lokasi.
  2. Pastikan layanan yang Anda inginkan sesuai dengan yang Anda klik pada pesanan, konfirmasi lagi pada mitra yang akan mengerjakan layanan, supaya kesepakatan jelas sejak awal.
  3. Beri jeda waktu untuk mitra bersiap menuju lokasi. Jadi sebaiknya atur waktu pengerjaan paling tidak 30 menit setelah Anda memasukkan pesanan.
  4. Siapkan dulu baju yang akan diseterika sebelum mitra datang, supaya tidak perlu menunggu. Begitu juga untuk pilihan layanan yang lain, intinya sebaiknya tidak membiarkan mitra Go-Clean lama menunggu.

 

Baiklah, sekian cerita pengalaman saya dalam menggunakan jasa layanan GoClean, semoga bermanfaat, dan terima kasih sudah membaca sampai akhir.

About Author

Freelance writer

(20) Comments

  1. Aku juga pernah menggunakan jasa go-clean. Ngebantu banget mba, secara emang rumahku waktu itu kotor banget maklum bbrp tahun gak ditempati. Apalagi pas ada diskon. Asik bgt, hehe

  2. Yulie says:

    Sekarang apa2 serba mudah ya mbak… tinggal klik klik doang. Tapi aku belum pernah nyoba go clean sih. Masih layanan kyk gojek, gocar, gofood & gosend aja. Tp mmg bener2 terbantu banget.

  3. Pas bulan puasa aku pernah coba goclean dan hasilnya bersih banget, tapi waktu itu sih beberes rumah. Aku baru ngeluh ada nyetrika juga ya, pengen coba ahh nanti order

  4. Juli Dwi Susanti says:

    Masalah sama yang sering terjadi juga sama akuh mbak mashaallah senengnya baca nanti aku juga mau pake jasa ini yaa terimakasih ulasannya

    1. sama-sama mbak, selamat mencoba ya

  5. Go Life emang penyelamat ibu² yg udah kebanyakan job. Hehe…Urusan rumahtangga itu job 24 jam. Aku ya bbrp kali panggil deh GoClean. Rumah kinclong…

    1. nah, gitu deh, betulll. saya waktu manggil goClean juga sambil ngetik reviewnya, wkwkwk

  6. Benar-benar alternatif banget ya, Mbak. Di kala lelah melanda, tetapi masih dihadapkan dengan setumpuk setrikaan. Hehehe…

    1. kalau nggak karena sibuk, ya karena lagi mager, ya kan? boleh deh dicoba

  7. Wah enak juga yaaa mbak.. Bisa pesan jasa setrika doank kayak gitu. Boleh deh next time aku mau Coba juga, kayaknya kok praktis yaaa kan

    1. iya, pas badan capek gitu layanan GoClean membantu banget

  8. Wow, semakin lengkap ya layanan gojek, dari massage sampai cleaning

    1. betul, mbak kaya udah nyediain segala kebutuhan kita deh

  9. sangat membantu sekali, sayangnya di daerahku belum ada go life nih

    1. semoga segera ya mbak, dulu di kota saya juga belum ada. alhamdulillah terbantu setelah ada GoLife

    2. dulu di kota saya juga belum ada. selang beberapa waktu kemudian baru ready. alhamdulillah terbantu setelah ada GoLife

  10. wah asik bgt mbaksay udh ada GoClean di kotanya. Di kotaku belum nih…. padahal mau nambah baby.. kembali ke konvensional dlu deh

    1. waktu pertama kali saya akses GoLife, GoClean juga belum ada. Lalu di situ ada opsi “permintaan di kota anda” lalu saya klik, tak lama kemudian GoClean pun ready. Mungkin penyedia jasa juga melihat kebutuhan pasar juga, ya?

  11. Berarti jam orang yang kita minta layanan bersih-bersih bisa diatur ya. Juga kalau misalnya udah nemu mitra yang cocok karena layanannya bagus, kita bisa mesen dia lagi ya? Asik juga ini. Kebetulan asisten rumah tangga udah tiga hari gak masuk karena sakit. Setrikaanku udah numpuk. Nyoba ah.

    1. betul mbak, bisa kita sesuaikan dengan jadwal kita. kan ada fitur chat nya juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *