Liputan

Mengenal Maria Lengari Si Menteri Sehari

 
Maria Legari
Foto : voaindonesia.com

Menjadi Menteri Sehari

Hai, apa kabar teman? Kamu sudah tahu belum? Ada yang beda dalam rapat di kantor kementerian Kemaritiman pada Kamis, 11 Oktober 2018 lalu. Yang memimpin rapat antar kementerian yang berada di bawah koordinasi Kemenko Kemaritiman bukan Luhut Binsar Pandjaitan, tetapi gadis berkulit gelap berambut ikal yang masih duduk di bangku SMP.
Dia adalah Maria Lengari atau biasa dipanggil dengan nama Osin. Siswi kelas 9 SMP Swasembada, Hadakewa, Lembata, NTT.
Bagaimana bisa, anak SMP memimpin rapat kementrian di jajaran Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi? Siapa sih Osin?
Baca juga : Haru dan Bangga di Acara Wisuda STT Bandung

Siapakah Maria Lengari?

Maria Lengari atau Osin adalah pemenang kompetisi kepemimpinan yang diselenggarakan oleh Yayasan Plan International Indonesia (YPII). Kompetisi lewat vlogini digelar untuk memperingati Hari Anak Perempuan Sedunia yang jatuh setiap tanggal 11 Oktober.
Ia salah satu dari dua belas anak yang terpilih mengikuti kegiatan ‘Sehari Menjadi Menko Maritim’. Tahun ini tema yang diangkat adalah ‘Menciptakan Kota Aman Bagi Anak Perempuan’. Sebagai hadiah dari kemenangannya Osin mendapat kesempatan istimewa untuk menjadi Menko Kemaritiman dalam sehari.

Cerita Sehari Menjadi Menteri

Hari itu, dengan penampilan ala ibu menteri dengan tatanan rambut diikat rapi ke  atas, baju yang dipakainya bukan seragam putih biru, tetapi baju resmi berupa blazer warna pink dan celana panjang warna hitam, Osin memulai aktivitas dari kediaman Menko Maritim di kawasan Widya Chandra, lalu berangkat ke kantor kementerian dengan mobil dinas.
Di ruang rapat kantor kementerian para pimpinan dari empat kementerian di bawah koordinasi Kemenko Bidang Kemaritiman telah menunggu untuk dipimpin oleh Menko Osin.
Dalam rapat itu, Osin memberikan pengarahan di bidang transportasi dan pariwisata. Di daerah asalnya, NTT, Osin dan anak-anak lain selama ini pergi ke sekolah naik truk, angkot, atau perahu yang sudah usang bahkan jalan kaki. Untuk itu Osin ingin agar transportasi di daerahnya bisa lebih baik lagi.
Baca juga : Liputan Kampanye Masyarakat Sadar Hukum Kominfo

Harapan Maria Lengari

Ia berharap Kementerian Perhubungan bisa menyediakan transportasi yang nyaman untuk perempuan dan anak perempuan di NTT, termasuk transportasi antarpulau.
Osin memang ingin menjadi Menteri Kemaritiman karena kampung halamannya di Pulau Lembata memiliki banyak potensi wisata. Salah satu acara tahunan yang menjadi daya tarik wisatawan asing dan domestik adalah perburuan ikan Paus. Gadis manis berusia 15 tahun ini, juga ingin agar kesejahteraan orang-orang di kampung halamannya bisa meningkat dengan dikelolanya dengan baik pariwisata di NTT.
Selain itu, Osin juga memberikan masukan mengenai perikanan di wilayahnya. Nelayan di pulau Lembata membutuhkan alat pengolahan ikan dan pelatihan bagi para nelayan tentang tidak cara menyimpan ikan agar hasil ikan yang berlimpah di daerah itu tidak banyak dibuang karena tidak laku dijual.
Nah, arahan Osin dalam rapat di tingkat menteri mungkin hanya sekedar selebrasi kemenangannya pada sebuah kompetisi. Tetapi apa yang di sampaikan Osin, bisa menjadi bahan pertimbangan pada kebijakan di Kementerian Kelautan.
* Artikel ini telah dimuat di website takaitu.id pada tanggal 25 Oktober 2018.
Catatan :
Artikel pendek ini saya tulis pada masa-masa belajar menulis artikel dan mengirimnya ke media online. Sengaja saya tampilkan di blog pribadi sebagai dokumentasi. Dari sini saya bisa meraskan bagaimana kemampuan menulis yang harus terus diasah supaya makin hari makin baik lagi.
Jika saat membaca tulisan ini, trend Maria Lengari si Menteri Sehari sudah turun bahkan terlupa, itu tidak masalah. Spirit anak muda ini tetap harus diberitakan supaya bisa menginspirasi kaum muda lain untuk menceak prestasi di bidang masing-masing.
Teruslah berkarya, wahai pemuda pemudi Indoneisa, di tangan kalian masa gemilang Indonesia akan terwujud di masa yang akan datang. Perjuangkan dengan penuh kesungguhan cita-cita luhur dan sebarkan kabar baik untuk menyemangati seluruh anak bangsa.
Tulisan penyemangat lainnya saya susun dalam kategori liputan dalam blog ini.
Tetap semangat, dan semoga bermanfaat.
Salam hangat
Sitatur Rohmah

About Author

Freelance writer

(3) Comments

  1. Saluut…
    Semoga kelak Osin bisa jadi menteri seperti yang dicita-citakan.
    Doa terbaik untuk Osin dan kampung halamannya. Semoga makin maju dan berkembang.

    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

  2. Keren banget! Bisa menjadi contoh untuk para remaja di Indonesia atas keberanian dan kecerdasannya. Semoga banyak para remaja yang seperti Osin, untuk Indonesia lebih baik lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *