Akhir-akhir ini, tanpa bisa ditolak, saya menghabiskan lebih banyak waktu didepan komputer sekaligus handphone. Bagaimana tidak dua gadget inilah yang membantu pekerjaan saya. Alhamdulillah, jika sudah rezeki memang tak kan lari kemana. Untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan teman atau klien, saya lebih nyaman menggunakan hand phone, karena selain lebih nyaman untuk chatting, aksesnya juga lebih cepat.
Sedangkan untuk penulisan dan  posting naskah, saya lebih memilih menggunakan komputer. Dua kemudahan ini ternyata tanpa terasa juga menimbulkan akibat buruk pada mata saya. Lama-lama mata terasa sepet karena terlalu lama menatap layar handphone, dan terasa pegel karena terus-terusan berada di depan layar komputer. Semakin tidak nyaman karena mata juga terasa perih, ini pasti karena terlalu lama berada di ruangan ber-AC.
Waduh, kalau sudah terkena gejala mata kering seperti ini, nggak nyaman banget deh dipakai kerja.Untunglah, saya menemukan solusi terbaik untuk masalah ini, Insto Dry Eyes! Sekarang, saya lebih nyaman bekerja tanpa gangguan mata kering lagi. Bye mata kering. Kamu juga mau katakan bye mata kering seperti saya? Yuk simak pengalaman saya berikut ini.

Seperti apakah Gangguan Mata Kering?

gangguan mata merah
 
Pernahkah kamu merasakan mata sepet, mata pegel, dan mata mudah lelah? Atau mata merah, mata perih dan sangat sensitif terhadap sinar matahari. Wah, kalau mengalami hal seperti ini, berarti kamu sedang mengalami gejala mata kering. Rasanya nggak nyaman banget, kan? Ya iya lah, karena saat itu air mata tidak mampu melakukan fungsinya sebagai pelumas mata, sehingga tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata.
Padahal, untuk memberi nutrisi dan melindunginya dari lingkungan luar, kornea harus terus dialiri oleh air mata, terutama saat berkedip. Jika ini dibiarkan, gangguan mata kering dapat membuat permukaan mata mengalami peradangan. Supaya hal ini tidak terjadi, kita perlu menghindari hal-hal yang memicu terjadinya gangguan mata kering. Tetapi jika gangguan mata kering tidak dapat dihindari lagi, maka Insto Dry Eyes adalah solusi yang tepat  untuk mengatasinya. Dengan bantuan Insto Dry Eyes, mata akan kembali mampu melakukan fungsinya denga




Mewaspadai Penyebab Mata Kering

insto dry eyes
Penyebab mata kering (sumber : insto)
Sebenarnya apa saja sih, yang penyebab mata kering itu? Yang pertama adalah karena faktor usia. Pada saat seseorang memasuki usia 50, terutama pada kaum wanita, produksi air mata cenderung berkurang. Hal ini disebakan oleh adanya perubahan hormone, mengalami kehamilan, menggunakan pil KB atau menopause.
Yang kedua adalah karena pengaruh penyakit tertentu seperti diabetes, rheumatoid arthritis, penyakit lupus, scleroderma, sindrom Sjogren, gangguan tiroid dan kekurangan vitamin A. Sedangkan penyebab ketiga adalah akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, dan tindakan tertentu terhadap mata seperti operasi mata dengan laser.
Bagi kamu yang dalam kondisi sehat, tetap harus waspada dengan mata kering, loh. Karena di luar kondisi yang saya sebut di atas, aktivitas sehari-hari bisa menyebabkan mata kering. Aktivitas harian yang bisa memicu terjadinya mata kering, misalnya terlalu lama menatap layar komputer atau gadget, berada dalam ruangan ber-AC, terkena terpaan angin secara langsung, pada saat menggunakan hair dryer dan ketika berada di dalam pesawat terbang.
Kondisi dimana mata jarang berkedip, seperti pada saat berkonsentrasi atau fokus mengerjakan sesuatu, seperti membaca atau mengemudi, atau bekerja di depan komputer,  juga bisa menjadi penyebab mata kering.

Mengenali Gejala Mata Kering




Mungkin kita tidak menyadari dalam kondisi seperti apa mata kering itu terjadi. Supaya terhindar dari gangguan mata kering ada baiknya kita mengenali kondisi tertentu yang merupakan gejala dari mata kering. Pada umumnya, gejala mata kering adalah sebagai berikut :
  • Kondisi mata merah
  • Terasa panas.
  • Terasa cepat lelah
  • Terasa berpasir dan kering.
  • Mata berair ( sebagai respon tubuh terhadap iritasi pada mata kering).
  • Sensitif terhadap sinar matahari.
  • Penglihatan buram
  • Kedua kelopak mata menempel ketika bangun tidur.
  • Terdapat lendir di dalam atau sekitar mata.
  • Memiliki kesulitan saat memakai lensa kontak atau berkendara di malam hari.
Keadaan seperti tersebut diatas, tidak boleh diabaikan begitu saja, karena bisa memperparah gangguan mata kering. Dalam
kasus yang berat, mata kering mengakibatkan peradangan pada permukaan mata, dan menyebabkan jaringan parut pada kornea atau bahkan bisa juga terjadi infeksi bakteri pada mata.

Solusi Tepat Mata Kering

solusi tepat untuk mata kering (sumber :https://insto.co.id)
 
Supaya tidak mengalami gangguan mata kering, maka harus dihindari pemicunya. Salah satunya yaitu teralu lama berada
di depan komputer. Sebaiknya setiap 15-20 menit, mata  diistirahatkan selama beberapa menit dari melihat layar komputer. Gunakan waktu jeda untuk melihat pemandangan diluar, atau melakukan kegiatan santai supaya mata ikut relaks.
Jika bepergian, lindungi mata dari terpaan angin secara langsung dengan pemakaian kaca mata. Jika kamu pengguna lensa kontak, sebaiknya aturan pemakaian ditaati dengan benar supaya tidak mengakibatkan mata kering. Hair dryer yang digunakan untuk mengeringkan rambut, jika dipakai dengan cara yang salah, bisa juga jadi pemicu mata kering, loh!. Ringkasnya, apapun kegiatan yang berhubungan dengan mata, baik secara langsung atau tidak langsung, sebaiknya bijak dalam pelaksanaannya. Pastikan mata kita aman terlindungi.
baca juga : Kenapa sih, Menjaga Kesehatan Mental Itu Penting?
 
Lalu bagaimana jika semua prosedur pemeliharaan kesehatan mata sudah kita lakukan, tetapi mata kering masih kita alami? Jangan khawatir, jika itu masih dalam tingkat ringan, cukup dengan menggunakan tetes mata, maka masalah mata kering akan terkendali. Pada tingkat gangguan yang lebih parah, tindakan medis akan dilakukan untuk menyembuhkannya. Nah, sebelum gangguan mata kering semakin arah, simpanlah tetes mata di meja kerja atau lokasi lain yang mudah diakses, dan gunakan secara berkala sepanjang hari.
Insto Dry Eyes, varian baru dari Insto ini, mengandung aktif untuk mengatasi mata kering. Kandungan aktif dalam Insto Dry Eyes inilah yang memberikan efek pelumas seperti air, sehingga mampu mengatasi kekeringan pada mata. Jangan lupa juga untuk memakai tetes mata Insto Dry Eyes dengan benar, supaya hasil yang diperoleh juga optimal.
insto dry eyes
Langkah menggunakan Insto Dry eyes dengan benar (sumber : dok. pribadi)
 

Berikut ini langkah-langkah yang benar ketika menggunakan tetes mata:

1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih. 

Sebelum meneteskan, pastikan kamu telah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir untuk mencegah adanya kontaminasi.  
2. Pastikan obat tetes mata dalam keadaan baik dan belum kadauarsa.
Yang perlu diingat adalah mulut tempat keluar obat tidak boleh tersentuh benda apapun, termasuk tangan kita yang sudah dalam keadaan bersih. 

3.  Lepaskan lensa kontak bagi yang memakainya.

Kecuali jika ingin meneteskan air mata buatan sebagai pelembab lensa kontak.
 
baca juga : Resep Masakan Rinaresep.com Panduan Mudah Memasak

4. Posisi
mendongak atau berbaring.

Hal ini bertujuan untuk mendapatkan posisi paling nyaman ketika meneteskan Insto Dry Eyes. Bukalah mata lebar-lebar dan arahkan pandangan mata ke atas.
 

5.  Buatlah kantong untuk meneteskan mata pada bagian bawah kelopak mata.

Caranya :
dengan sedikit menarik kelopak mata bagian bawah. Hal ini dimaksudkan supaya kelopak mata bagian bawah membentuk sebuah kantong yang akan menjadi tempat meneteskan obat mata.  Lalu aturlah jarak antara ujung pipet dengan mata kira-kira sejauh 2,5 cm. Jangan lupa untuk memastikan bahwa ujung pipet tidak menyentuh apa pun untuk menghindari kontaminasi. Setelah siap, pencet perlahan agar obat yang keluar tidak berlebihan.
 

6.  Tutup Mata Sebentar dan hindari berkedip

Setelah meneteskan obat mata, tutup mata kamu selama 2-3 menit supaya mata bisa menyerap obat yang diteteskan. Sebaiknya selama 2-3 menit ini mata tidak berkedip, supaya cairan obat tidak keluar dari mata sebelum sempat diserap. 
 
Supaya cairan obat mata tidak masuk ke dalam saluran air mata yang berhubungan dengan hidung, kamu bisa menekan sudut mata bagian tengah, yang dekat dekat dengan hidung. Jika hal ini tidak dilakukan, cairan obat yang masuk ke dalam hidung terserap ke dalam darah sehingga mengurangi dosis obat yang seharusnya diserap oleh mata. Selain itu lidah akan terasa tidak enak karena cairan obat bisa saja menetes ke dalam rongga mulut.
 

7. Bersihkan Sisa Obat

Langkah terakhir adalah membersihkan obat yang kita tetes dengan lap bersih, lalu menutup kemasan obat untuk mencegah terkontaminsasi oleh kuman. Oh, ya. Setelah selesai, kembali cuci tangan kamu dengan sabun.
  
 
Nah, ternyata mudah, kan bagaimana memakai obat tetes mata yang benar. Jika merasa kesulitan meneteskannya, kamu bisa minta bantuan orang lain, dengan  prosedur atau cara yang sama seperti yang tertulis di atas.
Untuk pencegahan dan penanganan lebih cepat, sebaiknya selalu menyimpan Insto Dry Eyes di meja kerja atau di tempat lain yang mudah dijangkau. Untuk tindakan pencegahan terjadinya gangguan mata kering, gunakan tetes mata secara berkala sepanjang hari. Dengan demikian, kita bisa bekerja dengan nyaman, dan bisa katakan Bye Mata Kering.
Bye Mata Keing dengan Insto Dry Eyes (Sumber : dok. pribadi)
#Matakering 
#Matasepet 
#Mata pegel 
#mata perih 
#mata lelah
#Instodryeeyes
#byematakering