Review

Resep Masakan Rinaresep.com Panduan Mudah Memasak

Resep masakan rinaresep.com

Jadi Koki Dadakan

Menemukan Resep masakan Rinaresep.com memang secara kebetulan. Tapi ini kebetulan yang menyenangkan. Jadi ceritanya begini, sejak anak-anak sekolah dari rumah, praktis mereka makan di rumah sehari penuh, kan? Pada awalnya saya ayo aja kalau anak-anak request menu makan pagi, siang dan malam. Terkadang masih tambah minta kudapan penghilang rasa bosan. Lama-lama habis juga persediaan resep andalan saya. Apalagi siapalah saya, ibu rumah tangga biasa yang mendapat jabatan koki secara tiba-tiba karena wabah corona.

Mulailah hunting resep masakan di internet, ada banyak banget tempat beburu cara masak aneka hidangan. Jujur saya agak malas membuka tutorial masak dalam bentuk video, maklum kuota nonton video lebih banyak dipakai anak-anak untuk ikut kelas daring. Lalu sebel juga kalau baca resep harus dari aplikasi tertentu dan harus diunduh dulu. Padahal saya nih tipikal sekali coba resep makanan nanti nggak perlu lagi nyontek catatan. Jadi untuk apa mengunduh apikasi, (hmm.. emak ngga mau rugi, ya? )

resep masakan rinaresep.comMenemukan Tempat Resep Masakan Sesuai Idaman

Jadi tempat belajar masak yang saya suka adalah website yang tampilannya simpel tapi informatif. Terus nggak banyak kata-kata, karena yang penting saya tahu adalah nama bahan dan takarannya. Cara masak juga to the poin aja, nggak perlu muter-muter cerita kemana-mana dulu. Kalau toh mau mengulas tentang makanannya cukup tiga paragraf saja, hehe… itu maunya saya.





Jadi dengan pertimbangan yang sangat personal, saya menemukan satu tempat yang cocok resep masakan di rinaresep.com. Panduan cara masak yang saya ikuti pertama kali adalah membuat nasi goreng. Saya memang jarang memasak menu yang satu ini. Pada judul resep tertulis “Nasi goreng lebih istimewa”. Saya malah tertarik pada kata lebih, dan ini menggiring saya untuk lebih jauh menyimak resepnya.

Dari langkah-langkah membuat nasi goreng di sini saya baru tahu kalau rahasianya ada pada minyak wijen dan nasi dingin. Pantas saja sering gagal bikin nasi goreng karena yang dipakai nasi hangat. Sedangkan minyak yang dipakai untuk menumis minyak sawit seperti yang sigunakan untuk menggoreng. Rupanya minyak wijen akan membuat aroma dan rasa nasi goreng lebih gurih.

Sampai di sini saya merasa malu menyematkan emblem ratu dapur pada saya sendiri selama ini, haha… ternyata kemampuan saya sebagai koki rumahan pun nggak ada apa-apanya.

Baca juga : Pengalaman Membuat Sendiri Dalgona Coffee

Jadi Semangat Mencoba Resep Makanan Lain

Sukses dengan nasi goreng yang tidak sempat saya abadikan hasilnya, saya mulai tergoda mencoba kiat memasak yang dimuat di web itu. Oh, iya supaya bisa menyimpan resep favorit saya pun mendaftar, karena untuk bisa menyimpan resep favourit kita perlu mendaftar dulu. Akhirnya beberapa panduan memasak di reseprina.com saya bookmark untuk saya praktiikan nanti. Ada beberapa resep minuman dan resep kue yang rencananya saya buat bersama anak-anak untuk mengisi liburan sekolah.

Resep masakan rinaresep.com pilihan menu
Tampilan depan website, mau ke mana kita? Melihat resep atau membuatnya? Tinggal klik aja.

Nah, setelah beberapa kali mengakses situs ini, saya bisa membuat beberapa catatan ala-ala review. Ada beberapa hal yang menurut saya adalah nilai lebih dari website ini, tetapi ada juga sedikit catatan yang semoga bisa jadi masukan bagi adminnya. Sebagai catatan, saya mengakses situs ini dengan handphone dan jaringan dari provider smart friend, yang jujur saja kadang timbul tenggelam kode 4G nya.

Baca juga : Resep Rahasia Bunda, Tepung Bumbu Serba Guna Sehat dan Hemat

Kelebihan dan Kekurangan resep masakan Rinaresep.com

Well, yang saya suka dari resep masakan rina resep diantaranya adalah :

    1. Mudah dipraktikkan, ini yang menurut saya paling penting dari sebuah laman penyedia cara masak. Buat saya step-step di sini cukup mudah diikuti, bahkan untuk koki dadakan macam saya.
    2. Bahan-bahan mudah didapat juga menjadi pendorong kita untuk membuat masakan atau mencoba resep minuman. Katakanlah mentimun dan melon yang bisa kita beli dari tukang sayur keliling. Coba kalau resep kue dipenuhi dengan bahan buah kalengan atau bahan lain yang susah didapat, saya akan berpikir dua kali untuk mencoba tips masaknya.
    3. Ada informasi takaran nilai gizi (informasi nutrisi). Ini juga cukup menarik, karena kita jadi tahu seberapa banyak nutrisi yang kita makan jika kita memasak kudapan yang dimuat dalam resep. Resep masakan rinaresep.com info gizi
    4. Terdapat keterangan durasi tiap step, memudahkan bagi seseorang yang mengaku koki andalan atau pemula seperti saya ini, hihi. Sebab kalau terlalu lama berhenti pada salah satu step, maka makanan bisa jadi terlalu matang. Atau kalau kurang waktu memanaskan pasti olahan belum matang.
    5. Memuat foto-foto ciamik yang membuat gambaran bagaimana tampilan olahan jika selesai dibuat. Buat saya foto juga jadi ukuran keberhasilan praktik resep, jangan sampai hasil yang saya buat beda jauh dari contoh yang dipajang, kan ngga lucu :v.
    6. Tersedia mode baca yang bikin mudah mengikuti resepnya saja tanpa melihat informasi pendukung seperti gambar-gambar dan nilai gizi makanan.

      Resep masakan rinaresep.com_bookmark
      Klik mode baca kalau mau fokus pada teks resep saja, dan klik bookmark kalau mau menyimpan cara masaknya
    7. Bisa membuat bookmark resep untuk yang ingin menyimpan cara masak dan berniat eksekusi lain hari. Jadi pada saatnya memasak nanti tinggal buka di halaman penyimanan resep kita. Catatannya, supaya bisa menyimpan resep, perlu log in atau register dulu. Kalau sekadar membaca resep tidak perlu mendaftar. Setelah menjadi member website ini, kita bisa melakukan beberapa hal yang tidak bisa diskses oleh pengunjung biasa. Selain fasilitas bookmark, dengan menjadi anggota kita juga bisa menjadi penulis resep.
    8. Bisa menambahkan resep ala kita di halaman “tulis resep”. Nah ini juga menarik, karena tiap orang pasti punya tips masak andalan. Sayang, kan kalau rahasia memasak ini hanya disimpan sendiri.
    9. Terdapat halaman “shop” yang memungkinkan pengunjung mencoba cara masak sekaligus belanja. Sayangnya pada halaman toko baru tersedia 1 produk, yaitu sambal.




Yang Perlu Sedikit Dipoles dari Rinaresep.com

Memang seru mempelajari langkah-langkah memasak dari internet, dan kita berhasil mendapatkan hasil akhir yang sama dengan yang dicontohkan. Hanya saja, pada saat membaca resep makanan, terkadang saya masih memiliki pertanyaan atau mendapati hal yang membingungkan dari situs penyedia cara masak seperti ini. Ada sedikit catatan dari saya ( yang notabene adalah koki pemula, kalau nggak boleh dibilang “ngaku-ngaku koki” ) semoga berkenan,ya.

  • Estimasi biaya yang dibutuhkan. Memang, sih soal harga bisa naik turun, tetapi paling tidak kita jadi punya gambaran kalau misanya ingin membuat resep kue untuk dijual. Estimasi biaya bisa dipakai untuk pertimbangan kesiapan modal dan perkiraan uang belanja bahan resep.
  • Petunjuk website yang kurang support pada beberapa halaman. Jadi awalnya saya langsung klik log in karena seingat saya udah daftar sebelumnya. Ternyata beberapa kalai klik log in selalu kembali pada halaman semua. Mestinya kalau data yang saya masukkan belum tercatat di web site ada keterangan bahwa saya belum terdaftar dan diarahkan pada halaman pendaftaran. Setelah beberapa kali kembali ke halaman yang sama, saya masuk lagi ke halaman bookmark resep dan memencet tulisan register. Setelah itu baru tahapan berikutnya sukses. Seandainya ada petunjuk “daftar dulu” atau “klik register bagi yang belum daftar sebelumnya” atau petunjuk lainnya, saya nggak perlu berlama-lama pada kesalahan prosedur yang saya ikuti.

    Resep masakan rinaresep.com_log in or register
    Kalau mau daftar bisa klik register di bagian ini. Kalau terlanjur klik login, harus kembali ke sini lagi
  • Pemilahan kategori yang sedikit kacau, kaena waktu saya klik sup / berkuah maka keluar juga beberapa hasil resep lain yang harusnya masuk kategori minuman. Iya sih, itu ada kuahnya tapi bukankah beda, ya antara sup dengan bubur candil ubi jalar, ah mungkin saya yang kurang paham bahwa aneka olahan takjil masuk kategori sup. Oh ya, malah ada satu resep kuker yang berada pada kategori sup ini, yaitu cara membuat mini chocholate chips, aduh kumaha?.

 

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan dari tempat mendapatkan langkah membuat masakan ini, rinaresep.com sangat membantu saya untukmmenyediakan asupan bergizi bagi anak-anak saya di masa pandemi. Jadi, kalau kemudian sekolah dari rumah masih diperpanjang sampai akhir tahun ini, ayo aja karena saya punya gudang resep andalan.

About Author

Freelance writer

(34) Comments

  1. Wah aplikasi yang sangat membantu ibu-ibu yang kadang bingung mau masak apa setiao harinya.

  2. Damar Aisyah says:

    Terbantu sekali ya Mbak kalau ada situs masak-memasak seperti Rinaresep gini. Apalagi kalau sudah menjelang akhir minggu, biasanya saya sudah kehabisan ide. Mau gak mau larinya ya nyari ide di online-an.

    1. Iya bener banget. Kalo sudah weekend malah tambah bingung masak apa. Karena semua anggota keluarga makin banyak makannya.

  3. Asiiiik. Ada pilihan baru buat emak2 cari inspirasi resep. Mulai bingung ni mau masak apalagi 🤗

  4. Aplikasi kesayangan para ibu nih. Mau juga ah nyari resep masakan yang enak dan mudah di web ini. Abisnya, saya sering kehabisan ide mau masak apa di rumah.

  5. wah seru nih, semakin banyak aplikasi resep, saya kalau masak suka cari resepnya dulu soalnya haha. membantu bangeeet. mau ah download aplikasinya, biar semakin mudah memasak juga hehe. makasih sharingnya mba

  6. Erny Kusuma says:

    Aku gak bisa masak yang macem2 mba, jd butuh juga aplikasi masak ini. Jd seru ya eksekusi masak di rmh bareng anak2. Makasih infonya ya

  7. Aku paling suka kalau resep itu mudah dipraktekkan..kalau sulit duh nyerah deh. Secara tingkat ketrampilan memasakku level biasa. Seperti rinaresep com ini..membantu sekali!

    1. Apalagi ada informasi nutrisi..pas bener ini, sebagai emak kan kecukupan nutrisi masakan buat anak nomor satu, jadi memang wajib dikepoin dah rinaresep com ini.

  8. […] Resep Pilihan. Supaya memasak sukses, jangan lupa tentukan menu masakan terlebih dahulu. Jadi kegiatan di dapur langsung pada acara inti, bukan lagi memilih-milih apa yang […]

  9. Sebagai emak yang level keterampilan masaknya dibawah standar maka web Rinaresep ini sangat membantu. Tapi seperti yang mbak tuliskan, ada sedikit kekurangannya, petunjuk menunya masih tercampur dengan menu web lain

  10. wah makin jago masak pastinya y apalagi ada aplikasi rinaresep.com..tambah variatif menu masakan dan pasti nya lbh hemat ya mbak..

  11. Eh iya mbak Sita, aku juga pakai minyak sawit kalo bikin nasgor, ternyata gak pas ya. Boleh deh entar dicoba pakai minyak wijen.. Komplit ya semua ada di RinaResep.com jadi masa new normal makin semangat nyobain menu baru, hehe 🙂 ayo semangat turun dapur 😉

  12. Senang sekali ada website semacam ini. Jadi membantu ibu2 yang sudah bingung mau masak apa hari ini.

  13. Saya pecinta keju. Pernah sekali belajar membuat Cheese Toast (lupa nama populernya) yang terdiri dari 3 jenis keju, tetap saja rotinya jadi gosong. Bakat ku di dapur sungguh berantakan mbak.

    1. Hihi sama. Tapi berasa udah jadi koki kelas dunia kalau anakku bilang “masakan mama enak banget”

  14. Wah, ini resepnya terlihat simpel dan enak. Terimakasih mba’ resepya saya save yaa..

  15. Lagi musim aplikasi resep masakan ya, Mbak. Tapi keren, Rinaresep.com ada fitur takaran nilai gizinya. Jadi nggak sekedar masak untuk dimakan aja. Tapi benar-benar untuk asupan nutrisi tubuh

  16. Pengen coba juga deh buat masakan dari resep Rinaresep.com
    Apalagi kan kalau lagi kumpul keluarga besar pengen nya tuh buat sesuatu yang simpel tapi dapat nya banyak,hahaha.

  17. Memang pas kali lah mba sita.. di masa pandemi emak-emak harus di dapur terus karena anak-anak maunya ngemil aja. Untung ada rinaresep. Jadinya ada ide terus buat panganan buat keluarga di rumah.

  18. Kemarin juga cobain bikin minuman dari Rinaresep nih. Alhamdulillah berhasil hehehe. Tinggal sharingnya aja nanti.
    Lengkaaap emang sih ga cuma main course ada minuman sama dessert jugaa

  19. Untuk bisa memasak ga harus pelatihan dulu, bisa hanya dengan membuka situs rinaresep aja udah lengkap resep sekaligus cara masaknya

  20. Aku baru tahu k sita ada website rinaresep ini, seru banget yaa bisa belajar masak, apalagi kalau gemar memasak jadi suka eksplore pasti yaa keluarga jadi makin cinta hihi

  21. Lintang says:

    Wah seruuu, bisa ngintip takaran gizinya juga. Kayanya rekomen banget nih nyontek resep2 di rinaresep.

  22. Cocok banget nih aplikasinya buat yang baru belajar masak seperti saya

  23. Pokoknya dah bisa masak ala ala resto la ya, rina resep emang top. Gak ada alasan bingung masak apa haha

  24. aku sebenarnya orang yang paling malas untuk ke dapur loh kak, tapi setelah melihat resep masakan rinaresep panduannya mudah jadi terusik jiwa mencoba aku , sambal berfikir kayanta ga sulit kok masak itu, kalau ada panduan seperti ini.

  25. Fadli Hafizulhaq says:

    Bisa memberikan informasi nilai gizi itu keren banget. Website Rinaresep ini baru launching juga ya Mbak, saya sudah intip, web nya bagus. Semoga bisa semakin berkembang.

  26. Seneng banged ya masak di zaman now gak ada kisah gagal lg ya, dg Rinaresep com smuanya jd mudah dan jadi makin rajin belajar masaknya ya

  27. Platform rinaresep.com ini menarik. Ia berupaya memenuhi kebutuhan ibu-ibu yang semakin melek internet. Menariknya lagi juga bisa mengunggah resep masakan favorit ya.

  28. Masruhin says:

    Membaca ulasan rinaresep.com ditulisan ini, sepertinya mudah dipraktikkan. Bahkan untuk orang yg jarang masuk dapur pun kemungkinan bisa jadi koki beneran. Mantap dah…

  29. […] ini saya kalah lomba lagi. Hiks hiks, kali ini lomba SEO resep masakan. Sebelumnya juga kalah untuk lomba SEO cyber university. Kebetuan keduanya adalah kompetisi SEO, […]

  30. […] Baca juga : Resep Masakan Rinaresep.com Panduan Mudah Memasak […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *