Menjaga Kebersihan di Masa Pandemi Mutlak bagi Tiap Pribadi

Menjaga kebersihan di masa pandemi sudah menjadi protocol wajib. Protocol kesehatan dasar ini harus dipatuhi oleh siapapun tanpa kecuali. Seperti kita tahu, bahwa tahun 2020 merupakan tahun yang berbeda bagi seluruh masyarakat di dunia begitu pula di Indonesia. Virus corona 2019 atau yang juga disebut corona virus disease 2019 (COVID-19) menyerang banyak korban di seluruh negara dalam waktu cepat. Penyebaran covid-19 yang cepat dan meluas ini tak ayal merugikan seluruh sektor di setiap negara. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) proses penyebaran virus ini melalui sentuhan dan udara sehingga wajar jika virusnya mampu menyebar keseluruh negara dengan waktu yang singkat.

Penyebaran virus COVID-19 melalui sentuhan membuat setiap masyarakat harus hidup lebih bersih dari sebelumnya. Aturan baru berlaku demi menjaga kebersihan di masa pandemi. Sebagian masyarakat mungkin sebelumnya menomer duakan kebersihan akan tetapi saat ini kebersihan merupakan hal utama yang harus dijaga. Selain mengampanyekan kebersihan dan pembatasan sosial, WHO juga menginformasikan beberapa kategori yang rentan terinfeksi oleh virus COVID-19. Beberapa golongan yang rentan terinfeksi tersebut yaitu seperti lansia, penderita penyakit kronis dan penyakit bawaan , anak-anak atau balita.

Menjaga Kebersihan Peralatan Bayi

Anak-anak atau balita adalah salah satu golongan yang rentan terinfeksi virus COVID-19 sehingga para orang tua wajib melindungi kesehatan dari anak-anaknya salah satunya dengan menjaga kebersihan setiap peralatan yang digunakan. Menjaga kebersihan peralatan bayi bisa dengan cara selalu membersihkan atau mencuci menggunakan sabun cuci botol bayi agar bersih dan terhindar dari virus-virus yang dapat merugikan kesehatan si kecil. Akan tetapi bunda harus memastikan ya untuk kandungan dari sabun cuci botol bayi yang digunakan aman dan menggunakan bahan-bahan alami. Bahan-bahan alami tidak akan meninggalkan residu pada peralatan yang dibersihkan sehingga kesehatan bayi tidak akan teganggu.

Pertahankan Kondisi Prima

Selain menjaga kebersihan salah satu cara agar anak-anak dapat terlindungi dari virus yaitu dengan menjaga kondisi tubuhnya. Menggunakan minyak telon bayi wangi setelah mandi dapat membuat tubuh hangat dan terlindung dari serangga-serangga. Apalagi di musim penghujan saat ii dimana cuaca menjadi tidak menentu dan suhu berubah-ubah secara drastis dalam waktu yang singkat. Hal tersebut tentunya membuat imunitas anak-anak menurun sehingga dibutuhkan minyak telon bayi untuk membantu meningkatkan imun kembali.

Mulai dari Kita Sendiri

Salah satu cara menjalani kehidupan di era new normal di masa pandemi ini adalah sebagai upaya melindungi diri sendiri dan orang lain terjangkit Covid.19. Kita mungkin saja terpapar, tetapi dengan melakukan protocol kesehatan yang baik, maka kita akan bisa menghalau virus yang akan masuk ke tubuh kita.

Jadi ingat untuk selalu memakai masker, sering-sering mencuci tangan dan menghindari kerumunan.