Bahasa pemrograman menjadi bahasa yang belakangan ini sangat banyak peminatnya. Saking banyaknya, orang-orang menjadi berlomba-lomba secepat mungkin untuk menguasai kemampuan satu ini. Padahal, dalam mempelajarinya sendiri, kita harus memperhatikan beberapa tips belajar pemrograman agar mampu memahami suatu bahasa pemrograman dengan baik dan benar.
Berikut ini akan kita bahas beberapa tips terkait proses kita dalam mempelajari bahasa pemrograman. Simak selengkapnya!

Tips Belajar Pemrograman untuk Pemula

1. Tentukan Bahasa Pemrograman yang Ingin Kita Pelajari

belajar bahasa pemrograman

Tips pertama yang harus kita lakukan sebelum memulai proses belajar pemrograman adalah menentukan bahasa pemrograman yang ingin kita pelajari sebelum mulai mempelajari bahasa pemrograman tertentu. Pastikan bahasa pemrograman yang ingin kita pelajari, saling berkaitan. Sehingga dalam implementasinya, kita bisa menerapkan semua bahasa pemrograman itu sekaligus. Dengan begitu, proses belajar kita akan terasa sangat efektif karena semua bahasa pemrograman yang kita pelajari, dapat kita gunakan dengan tepat.

Proses penentuan bahasa pemrograman ini sangat penting karena dengan menentukan tujuan dari awal, maka proses belajar  tentang pemrograman kita menjadi lebih tertata rapi. Sehingga, kita tidak akan merasa bingung ingin mempelajari bahasa apa saja kedepannya.

Sebagai contoh, apabila kita ingin mempelajari bahasa pemrograman untuk mengembangkan website, maka belajarlah bahasa pemrograman yang berkaitan dengan hal tersebut. Misalnya seperti mempelajari dasar-dasar HTML, lanjut dengan PHP hingga Javascript.

2. Gunakan Modul atau Sumber Belajar yang Lengkap

Tips belajar pemrograman yang kedua adalah menggunakan referensi belajar yang lengkap. Hal ini juga harus kita perhatikan agar ketika kita memulai rencana belajar, kita bisa mendapatkan ilmu yang benar. Jangan sampai kita menggunakan sumber yang tidak jelas dan tidak lengkap.
Dalam proses belajar pemrograman, pilihlah sumber yang benar-benar lengkap sehingga keseluruhan materi dari bahasa tersebut, bisa kita kuasai semuanya.

3. Jadwalkan Kegiatan Belajar beserta Targetnya

Kemudian tips belajar pemrograman yang selanjutnya adalah menjadwalkan kegiatan belajar beserta targetnya. Hal ini bisa kita lakukan dengan menentukan ketika tanggal sekian, maka kita sudah harus menguasai ini itu dan sebagainya. Dengan begitu, rencana belajar kita akan cepat selesai dan bisa berjalan sesuai keinginan kita.

4. Perbanyak Praktik dengan Mengetik Sendiri Kode Program

Tips belajar pemrograman berikutnya adalah memperbanyak praktik dengan mengetikkan sendiri kode program yang ingin kita tulis. Biasakan untuk terus menulis sendiri kode program dan tidak melakukan copy paste. Dengan begitu, kita bisa lebih cepat terbiasa dengan syntax setiap bahasa pemrograman. Sehingga kita bisa menguasainya dengan lebih cepat.

belajar pemrograman-bahasa pemrograman

5. Tips Paling Penting : Jangan Takut Bereksperimen

Tips terakhir dalam belajar pemrograman yang paling penting adalah jangan pernah takut melakukan eksperimen. Jangan takut mengalami error ketika kita mencoba berbagai percobaan terhadap kode program kita. Hadapi error tersebut dan pelajari. Dengan begitu, kita bisa lebih berpengalaman dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam dunia pemrograman.

That’s It, Tips Belajar Pemrograman untuk Pemula yang Harus Kita Ketahui

Beberapa tips yang sudah disebutkan di atas, sangat penting penting untuk kita perhatikan. Dengan memerhatikannya, kita bisa memahami dan mempelajari suatu bahasa pemrograman dengan lebih cepat dan lebih baik. Sehingga pemahaman kita terkait suatu bahasa pemrograman bisa meningkat lebih dalam.

Dengan begitu, kita bisa lebih cepat menguasai suatu bahasa pemrograman apabila kita membandingkan dengan proses pembelajaran kita yang tidak memperhatikan tips di atas. Singkatnya waktu yang kita butuhkan dalam menguasai suatu bahasa pemrograman, membuat kita mampu menguasai lebih banyak bahasa pemrograman dalam waktu yang relatif singkat dengan tingkat pemahaman yang tinggi di setiap bahasa pemrogramannya.