Tanya Veronika adalah sebuah layanan digital berupa asisten virtual yang diluncurkan oleh Telkomsel. Asisten virtual menyapa pelanggan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia ini sejak 24 Agustus 2017. Sudah cukup lama juga ya sebenarnya. Tetapi era digital membuat asisten virtual berbasis chatbot ini makin banyak diakses. Apalagi di masa pandemi yang memungkinkan orang lebih benyak menggunakan layanan online.

”Hallo, aku Veronika, asisten virtual kamu. Kalau ada pertanyaan tentang Telkomsel, Veronika bisa bantu” ini adalah kalimat pertama yang muncul ketika saya mencoba klik ikon karakter Veronika di laman Telkomsel. Saya pun mulai menulis nama saya, Sita. Veronika menjawab dengan permintaan menulis nomor telpon saya untuk verifikasi. Setelah kode empat angka dikirim melalui sms dan saya menulinya di kolom chat, Veronika menjawab dengan manis “Terima kasih Sita atas verifikasinya”

Veronica dulu, Veronika Kini

Veronica mesin penjawab otomatis

Saya adalah pelanggan lama dari provider ini. Nomor pertama saya adalah 0812-260-3600, nomor cantik yang saya beli tahun 1999. Sayangnya nomor itu hangus karena saya lupa mengisi pulsa untuk memperpanjang masa aktif. Saat itu saya lebih sering menggunakan nomor Flexi yang jauh lebih hemat. Ketika layanan CDMA ditutup, saya pun beralih ke kartu As dengan nomor yang sama dengan nomor Flexi saya. Sampai saat ini, itulah nomor telpon yang saya pakai. Berarti sudah 22 tahun saya menjadi pengguna Telkomsel. Makanya nama Veronika ini tidak terlalu asing untuk saya.

Saya dulu mengenalnya dengan nama Veronica, singkatan dari Voice Response and Info Care. Suara manis mbak Veronica akan terdengar ketika kita menghubungi seseorang tetapi tidak terjawab. Veronica, si mesin penjawab otomatis akan menawarkan apakah kita akan meninggalkan pesan untuk seseorang yang kita telpon. Selanjutnya penerima telpon bisa membuka pesan suara singkat dengan menghubungi 222. Ah, jadi ingat keisengan saya pada seseorang dengan bantuan mbak Veronica, haha.

Tanya Veronika Asisten Virtual

Nah, kalau Veronika yang sekarang, dia adalah Asisten Virtual Telkomsel. Sebuah layanan digital berbasis chatting yang  memudahkan kita mendapat informasi dan membeli pulsa atau paket kuota. Tidak hanya itu saja, sih, kita bisa juga mengecek sisa kuota Internet atau menukar Telkomsel POIN. Ketika ada masalah dengan chip dan harus diurus ke kantor GraPARI, Veronika akan membantu kita menemukan lokasi GraPARI terdekat. Kita juga bisa bertanya informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel. Layanan Asisten Virtual Telkomsel ini berlaku bagi semua pengguna Telkomsel, kecuali pelanggan kartuHalo corporate dan nomor tambahan.

Bagaimana Cara Bertanya pada Veronika?

Kalau dulu Veronica hanya kita temui dengan menelpon, maka Veronika bisa kita ajak ngobrol lewat beberapa platform sosial media. Kita bisa menggunakan fitur chatting dari berbagai aplikasi chat seperti Telegram, WhatsApp, Facebook Messenger, dan LINE. Tentu saja kita juga akan dengan mudah menemukan layanan Tanya Veronika di aplikasi My Telkomsel dan website Telkomsel.

Ketika masuk ke kanal resmi telkomsel, kita tinggal pilih dan klik channel yang akan kita gunakan untuk berbicara dengan Veronika. Bagi pengguna aplikasi chat bisa langsung akun resmi Asisten Virtual Telkomsel.
Kalau teman-teman sudah mendownload aplikasi MyTelkomsel, akan sangat mudah menemukan menu Tanya Veronika ini di deretan daftar menu. Pada Situs web Telkomsel, akan ada ikon perempuan berbaju merah di pojok kanan bawah.
Bagi pengguna WhatsApp, perlu menambahkan terlebih dulu nomor Veronika pada kontak. Nomornya cukup mudah diingat, 08 lalu 1 sebanyak 10 kali jangan lupa menambah kode negara Indonesia (+628111111111).

Tanya Veronika juga bisa dihubungi melalui Facebook Messenger. Caranya mudah saja, hanya menghubungi atau mengirim pesan ke fanpage Telkomsel. Bagaimana dengan pengguna Telegram? Ah.. gampil, kok. Cari saja akun @telkomsel_official_bot. Sedangkan untuk aplikasi LINE, kita bisa menambahkan akun LINE Telkomsel sebelum memulai obrolan.

Sebagai catatan, semua channel ini hanya bisa digunakan oleh pelanggan Telkomsel atau pemilik nomor Telkomsel saja. Sebab, nomor ituah yang akan digunakan untuk log in sebelum menggunakan chatbot ini.

Kemudahan menggunakan Tanya Veronika

Setelah terhubung dengan masing-masing akun resminya, kita tinggal mengirim pesan dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Mulai saja ketik Halo, Hai, Tanya Dong, atau kata sapa pembuka lainnya. Setelah itu Veronika akan meminta kita menulis nama, lalu nomor Telkomsel, dan kode verifikasi yang akan dikirim melalui sms ke nomor kita. Jika sudah sampai di sini maka kita akan langsung bisa bertanya atau mengobrol, mudah, kan?

Fungsi dan fitur yang ada pada Tanya Veronika

Fitur yang tersedia pada layanan Asisten Virtual Telkomsel diantaranya adalah mengecek sisa kuota Internet, menukar Telkomsel POIN, menemukan lokasi GraPARI terdekat, membeli paket internet, atau informasi lainnya seputar produk dan layanan Telkomsel. Bahkan Veronika bisa juga menjawab pertanyaan receh atau iseng dengan jawaban yang bermanfaat.
Saat saya coba menyapa Veronika dengan “ Apa kabar?” dia menjawab dengan “:D” . Contoh lain ketika saya mengetik pesan “capek, nih” Veronika menjawab “Semangat! Saya senang bisa mengibrol dengan Anda” Lalu muncul beberapa pilihan bahan obrolan, yaitu humor, kuliner, travel, lifesyle, dan kuis. Jika kita klik opsi travel, akan muncul jawaban berupa foto tempat wisata di Indonesia berikut informasinya. Demikian pula jika klita klik pilihan lain seperti kuis misalnya. Chatbot akan memberi pertanyaan dan pilihan jawaban untuk kita klik.

Serunya Ngobrol dengan Veronika Asisten Virtual Telkomsel

Bukan bermaksud untuk iseng ketika saya ketik kata-kata receh semacam lapar, ngantuk, dan bosan. Ingin tahu saja sejauh mana Veronika membuat nyaman teman ngobrolnya. Ternyata hampir semua pertanyaan disiapkan oleh chatbot ini. Artinya, Veronika memang disiapkan untuk menjadi mesin ngobrol yang asik.
Jika ada pertanyaan yang kurang jelas arahnya, maka asisten Virtual Telkomsel akan meminta kita memperjelas pertanyaan dengan menyertakan contoh.

Bagaimana kalau kita punya pertanyaan serius? Saya mencoba memasukkan pertanyaan “Bisa pilih nomor sendiri?” Rupanya di sana sudah siap Costumer Service Digital Telkomsel yang akan mengambil alih obrolan jika pertanyaan kita tidak bisa dijawab oleh Veronika. Saat itu saya menanyakan pulsa yang masih tertinggal di nomor lama saya yang hangus, apakah bisa dialihkan ke nomor telomsel saya yang baru atau tidak. Kak Arin-nama CS digital Telkomsel meminta saya menuliskan nomor telpon yang hangus tersebut untuk dicek statusnya. Ternyata nomor lama saya sudah tidak ada pada sistem, jadi pulsa saya hangus bersama nomornya.

Karena pertanyaan saya sudah terjawab, kak Arin menutup chat dan mengembalikan pada chatbot Veronika. Terakhir saya diminta mengisi penilaian terhadap layanan Custumer Service Digital ini. Karena pengalaman mengobrol dengan Veronika itu seru, maka saya sangat merekomendasikan teman-teman untuk memanfaatkan layanan ini. Saya juga merasa puas dengan kecepatan layanan pada sesi pertama atau tanpa menunggu lama. Terakhir saya masukkan penilaian untuk kemudahan interaksi dengan Customer Service dengan angka 10, angka tertinggi yang berarti sangat mudah.

Well, asik banget kalau kita nggak perlu antri ke GraPARI atau telpon 888 seperti zaman dulu untuk melaporkan atau menanyakan sesuatu. Keberadaan Tanya Veronika Asisten Virtual seperti sebuah jawaban dari situasi saat ini. Saat semua serba digital, di situ Telkomsel hadir dengan asisten virtual. Eh, teman-teman sudah coba belum? Gimana pengalamannya? Yuk bagi cerita di kolom komentar.