Liputan

Tips Memilih Supplier Sembako

Supplier sembako_sitaturrohmah.com

memlilih supplier sembakoUsaha Kuliner Makin Moncer

Tips memilih supplier sembako ini pasti bermanfaat untuk teman-teman yang membuka usaha baru sejak pandemi. Karena ada pembatasan untuk bepergian atau berkumpul, maka terbukalah peluang usaha yang berbasis penyedia barang secara online. Bentuknya bisa apa saja, makanan cepat saji, aneka kudapan atau snack, menu makan harian, sayur dan buah segar, bahkan penyediaan 9 bahan pokok atau sering disebut sembako.

Usaha kuliner memang lagi naik daun, maka tidak heran gerai-gerai baru bermunculan. Dari yang sekelas restoran sampai usaha kuliner rumahan, semua sedang menikmati gurihnya hasil usaha. Lagi-lagi akibat pandemi yang biasanya makan siang di sekolah, kini makan di rumah sebanyak tiga kali jam makan. Padahal hari-hari sebelumnya belum tentu tiap hari bisa sarapan atau makan malam di rumah. Bisa jadi terburu-buru pada waktu berangkat atau pulang larut, sehingga kalau harus makan malam di rumah, jam makan malam sudah lewat. Akhirnya pilihan jajan online seperti tak ada lawan.

Tips Memilih Pemasok Produk Groceries

Untuk memenuhi kebutuhan sembako pada bisnis kuliner, kita harus pintar-pintar memilih tempat berbelanja. Ini penting karena kalau salah memilih, bukannya dapat untung malah bisa nombok, deh. Nah, teman-teman, saya punya 5 tips tentang bagaimana memilih supplier sembako supaya pasokan aman dan usaha kuliner makin lancar.

1. Cari yang paling dekat

Kriteria pertama ini paling mudah, tetapi tidak mutlak. Maksudnya begini, lokasi tempat membeli bahan pokok bisa dijadikan pertimbangan awal ketika kita belum menemukan tempat yang paling pas. Jarak dekat akan memangkas biaya pengiriman dan mengurangi risiko rusaknya belanjaan selama perjalanan menjuju rumah kita. Tempat yang tidak terlalu jauh juga memungkinkan kita untuk bolak balik membeli stok pada saat permintaan tinggi.

2. Cari yang lebih murah

Harga murah ini bukan berarti kualitasnya rendah, ya. Tetapi kita bisa mencari supplier sembako yang memberi banyak diskon. Misalnya untuk satu karung gula pasir di toko A seharga Rp. 500.000, sedangkan di gerai B gula dengan kualitas sama bisa kita beli dengan harga Rp.490.000. Nah, baiknya kita pilih yang lebih murah. Dengan catatan tips nomor 1, yaitu jarak tidak terlalu jauh, ya. Ingat, sepuluh ribu bisa jadi seratus ribu bahkan lebih kalau dikalikan banyaknya karung gula yang habiskan untuk bahan baku.

3. Cari yang stoknya selalu baru

Cara memilih supplier sembakoIni penting juga, loh. Karena bahan baku restoran kita beli bisa jadi tidak langsung terpakai di tempat kita. Kalau yang kita ambil adalah stok baru, maka masih aman lah kalau harus transit agak lama di gudang kita, betul kan?. Grosiran dengan perputaran stok barang yang cepat bisa jadi indikasi kalau pembeli di situ juga banyak. Artinya kredibilitas pemasok juga bagus.

4. Cari yang pelayanannya bagus

Ini mungkin lebih pada alasan psikologis, tetapi terkadang justru bisa menjadi alasan yang paling kuat untuk kita dalam memilih supplier sembako. Keramahan dan bagusnya pelayanan tempat kita kulakan akan membuat kita merasa lebih nyaman dan aman. Kemudian kedekatan yang terjalin dari kenyamanan bertransaksi akan memudahkan kita dalam banyak hal. Misalnya informasi kedatangan sembako, kabar terbaru kenaikan harga, atau kemudahan kita memesan barang yang limited edition alias stoknya terbatas.

5. Cari langganan

Sebelum menentukan supplier restoran atau bisnis kuliner lainnya, kita perlu survey ke banyak tempat sampai kita menemukan juragan yang tepat. Kalau sudah dapat, jadikan supplier ini tempat rutin berbelanja atau jadikan toko langganan. Keuntungannya banyak, hampir sama dengan keuntungan yang saya tulis pada poin 4. Soal langganan ini, sebaiknya kita punya toko langganan cadangan, supaya kalau di pemasok pertama ada item yang kosong, kita bisa lari ke pemasok kedua.

Rekomendasi Tempat Membeli Produk Bahan Pokok

Kalau bisa sih, ke lima tips di atas terpenuhi semua, ya dekat, murah, selalu fresh dan udah langganan. Tapi kalau tidak bisa kelimanya, paling tidak 3 tips di atas terpenuhi. Salah satu tempat yang recomended menjadi supplier sembako adalah GoFresh. Sebagai marketplace untuk supplier bahan baku restoran atau usaha kuliner, GoFresh memiliki banyak keunggulan. Kita tidak saja akan mendapat produk groceries dengan harga murah saja, tetapi juga bisa menikmati keuntungan lain seperti penjadwalan pemesanan stok, kemudahan proses pemesanan, dan tentu saja kualitas bahan dan jaminan ketersediaan stok.

GoFresh, Supplier bahan baku restoran, menyediakan berbagai produk bahan baku seperti sembako, daging sapi atau ayam, telur, sayur dan buah segar serta kebutuhan usaha kuliner lainnya. Cara pembayaran belanjaan juga beragam, sehingga memudahkan kita melakukan transaksi. Jangan lupa untuk segera melakukan pembayaran sebelum batas waktu yang ditentukan, supaya pesanan kita segera diproses.

Cara berbelanja kebutuhan restoran tidak jauh berbeda dengan cara membeli barang secara online di marketplace. Ada istilah “keranjang” untuk meletakkan barang pesanan, lalu “check out” untuk tanda bahwa barang belanjaan kita siap ditotal dan dilakukan pembayaran.

Oh, iya di sini juga ada istilah free ongkir dengan jumlah minimal belanja yang sudah ditentukan. Jika ingin membeli tanpa biaya antar, kita bisa memesan sembako paling tidak sebesar Rp. 300.000.
Nah, teman-teman yang memiliki usaha kuliner atau yang baru ingin merintis bisnis restoran, semoga bisa memilih suppier yang tepat, selamat berbisnis dan semoga sukses.

About Author

Freelance writer

(82) Comments

  1. Iya mbak kalau bisa belanja barang kebutuhan itu sama langganan. Soalnya tidak perlu khawatir harganya kemahalan dan biasanya juga selalu dapat potongan harga. Wah sekarang ada GoFresh jadi memudahkan kita untuk belanja kebutuhan bahan pokok.

    1. saya juga gitu mbak, enak lah kalau udah punya langganan gitu

  2. Wah, iya sekarang banyak banget emang penjual sembako baru. Dengan baca tips2 kek gini setidaknya bisa meminimalisir hal2 yg tidak diinginkan. Tetap untung ditengah pandemi yaaa

    1. betul mbak, banyak yang membaca peluang ya mbak?

  3. Sekarang jamannya serba online, dengan adanya gofresh kebutuhan belanja bahan pokok jadi lebih mudah ya. Jadi Ada pilihan Dan praktis untuk membeli bahan supplies kalau mau berdagang

    1. Yup! betul sekali

  4. Mantap Kak.. di tengah Pandemi kyak sekarang emang butuh alternatif baru. Gabisa terus menerus pake cara lama..Termasuk di cara berbelanja…

    1. betul, kak. kita harus bisa menyesuaikan diri, ya.

  5. Terbantu bngt nih dengan supplier sembako dari Gofresh apalagi untuk situasi pandemi saat ini..mantab deh ..

    1. pas banget sama situasinya ya mbak? sambil rebahan, semua pesanan sudah diantar

  6. […] baca juga : Tips Memilih Supplier Sembako […]

  7. Terima kasih tipsnya bisa saya share ke teman-teman saya yang wirausaha di bidang kuliner

    1. sama-sama, mbak. salam hangat.

  8. Wah makin mudah ya mendapatkan supplier terpercaya di era pandemi

  9. Go fresh ini bisa melayani seluruh wilayah Indonesia apa daerah tertentu aja ya mba??? Enak ya kalo ad rekomendasi gini kita jadi ga perlu meraba raba lagi

  10. Sayangnya memang nggak banyak pilihan groceries di dekat rumah sini. Tapi kalau dipikir-pikir tips memilih groceriesnya memang oke banget dah mbak.

  11. Erny Kusuma says:

    Tips belanjanya keren mba. Baru tahu Gofresh nih yg mnyediakan bahan2 buat bisnis kuliner. Makasih infonya ya…mo kepoin lbh jauh ttg GoFresh…

  12. Untuk pelaku usaha kuliner, memilih dan berlangganan kalau perlu di supplier sembako terpercaya sangat penting ya. Makanya harus benar-benar menentukan supplier sembako mana yang mau diajak kerja sama.

  13. Lima tips di atas memang dibutuhkan untuk memilih supplier.l ya supaya bisa efisien, dan keuntungan bisa diprediksi.

  14. Alhamdulillah yaaa sekarang mah enak mau beli apaa aja tinggal tutul. Bahkan suplier sembako or bahan makanan pun bisa beli secara online. Terbantu banget donk jadinya

    1. Iya jadi merasa lebih aman juga karena tidak banyak kontak dengan orang di pasar

  15. Ejaa says:

    Asik sangat membantu banget

  16. Seenggaknya memang harus pilih yang stoknya selalu ada sih. Karena bagi pengusaha kuliner kan selalu membutuhkan itu yang namanya sembako, sayur-sayuran dan lain sebagainya.

  17. Sepakat banget soal pelayanan bagus. Kadang kalau belanja tpai pelayannya ketus, gak mau balik lagi hehe

  18. Wah sekarang jadi semakin mudah aja ya mbak. Kepingin usaha jualan sembako tidak perlu repot mesti belanja langsung ke pasar. Tinggal gunakan goFresh, kita bisa memasok bahan sembako dengan mudah dan sembako yang dikirimnya pun masih segar

  19. Wah berguna banget ini kak tipsnya buat para pemula yang mau memulai bisnis. Emang kalau milih supplier itu yang memudahkan kek Go Fresh ini sih, jadinya lebih hemat waktu dan tenaga ya.

  20. hani says:

    Info penting ini. Soalnya smp sekarang belum ke pasar tradisional. Perlu buah²an segar. Soalnya di rumah pre-order-an yogurt+buah nih. Makasih infonya mb Anik…

  21. Memilih sembako sudah pasti nyari yang terbaik dan tentunya dengan pilihan harga yg lebih miring ya kak krn untuk sehari2. Wah skrg sudah ada GoFresh yg bisa membantu kebutuhan tsb ya 😀

  22. Selama masa pandemi begini usaha kelontong atau kuliner lumayan laris ya karena semua orang lebih butuh kebutuhan pokok dibanding kebutuhan lainnya. Pakai GoFresh eeak banget karena barang lengkap dan paling penting barangnya baru atau segar. Disimpan lama pun ga masalah. Apalagi ada free ongkir dg minimal belanja 300rb, makin untung deh kita jualannya 🙂

  23. Bisa cari yang lokasinya dekat dan harganya lebih murah, plus barangnya yang masih segar, praktis banget ya Mbak GoFresh. Memudahkan usaha kecil buat berkembang lewat teknologi. Pas wabah ga usah keluar rumah, barang datang sendiri tanpa biaya lagi pula ya kalau beli min 300 ribu. Semoga keberadaan GoFresh makin mempermudah para pengusaha kecil bidang kuliner dan kelontong, aamiin.

  24. Harus pintarpintar ya mbak memilih supplier untuk usaha kuliner gini, agar kualitas produk yang dipasarkan tetap terjaga.

  25. Terima kasih mbak dulu nggak ngerti makanya rugi terus belum belajar banyak

  26. Pada dasarnya di era digital saat ini semua serba mudah didapat dan diakset termasuk untuk urusan dapur. Ada banyak supplayer pangan yang udah go digital. Apalagi saat pandemi bikin was was dan malas kemana-mana. Sekarang ada gofresh dan bisa dicoba

  27. Nadhira says:

    Thanks kak tips nya

  28. Menarik sekali tipsnya, Mbak. Saya sekarang ni berharap ada tempat jual kebutuhan makanan pokok yg siap antar ke rumah. Wah pasti sangat membantu terutama saat di rumah aja. Hehe.

  29. GoFresh memang jempolan ya. Bisa menjadi solusi restoran dalam mencari bahan baku.

  30. Arrafi says:

    Mantap ni, artikel yang sangat bermanfaat

  31. Baru tahu ada GoFresh. Bisa membantu banget saat pandemi gini ya. 😍

  32. Bener nih cari yang bisa langganan. Karena ibu dulu juga jualan sembako hehe. Kalo langganan banyak bonus dan potongan harganya. Makasih mba infonya

  33. melinda says:

    terimakasih banyak kaa,semoga bermanfaat bagi kita semua.aamiin

  34. Penting banget nih, memang benar saat ini semakin banyak supplier tentu kita harus memilih yang tepat. Kalau sudah tahu yang bagus pasti bisa berlangganan😍

  35. Kalo saya, cari yang pelayanannya bagus itu yang utama. Soalnya saya pembeli yang baper, hihihi … Bagi saya, buat apa barang bagus kalo bikin sakit hati. Soal harga bisa bersaing, tapi soal pelayanan yang baik, tidak semua penjual bisa

  36. Tambah inovatif aja ya GoJek grup, punya GoFresh begini jadi memudahkan penjual kelontong atau pebisnis kuliner. Barang bisa sampe rumah tanpa susah karena free ongkirnya itu loh bikin mupeng. Apalagi bisa pilih yang masih segar, semoga membantu UMKM dan pengusaha kecil untuk berkembang.

  37. ziah says:

    terima kasih tips nya sangat bermanfaat, setuju jika sebaiknya kita memilih sembako yg lebih fresh dan lebih hemat biaya, sukses terus, ditunggu tulisan2 selanjutnya kak

  38. Wah milih supplier sembako ternyata mirip-mirip kayak milih jodoh yak … yang paling dekat, paling perhatian, paling sayang yang dipilih.

  39. Dukungan GoFresh bagus banget ya Mbak, di saat wabah keberadaannya makin mempermudah pembelian bahan utama buat kelontong atau usaha kuliner. Praktis banget karena manfaatin teknologi canggih biar ga sia-sia. Cari barang segar pun gampang ya, bisa disesuaikan dengan lokasi pula. jadi mupeng pengin usaha kuliner nih hehe.

  40. ziah says:

    terima kasih tips nya sangat bermanfaat, setuju jika sebaiknya kita memilih sembako yg lebih fresh dan lebih hemat biaya, sukses terus, ditunggu tulisan2 selanjutnya kak 👍

  41. Thanks for sharing mba Sita. Aku pun juga selalu beli sembako dari yang paling dekat duluu. Apalagi sejak pandemi ini.

  42. Menarik banget sih ini tipsnya buat yang mau dagang sembako, penting banget untuk bisa dapet langsung yang paling murah biar bisa menekan harga beli

  43. Kalau Saya sih nyari yg harganya terjangkau dsn pelayanannya ramah, soalnya pernah pengalaman belanja sembako yg ngelayani rada jutek. Kan jadi ogah belanja disana.lagi

  44. Makin mudah cari supplier buat usaha.

  45. Memang butuh konsistensi ya buat tetap bertahan di bisnis resto dan semacamnya. Sebab kalau salah memilih suplier, alamat masakan andalan yang sudah menjadi langganan para konsumen bakal tak bisa dihidangkan. Jadi menurun deh omsetnya, bisa-bisa malah bangkrut.

    Untung sekarang ada GoFresh ya, yang bisa membantu mengatasi problem suplai bahan baku semacam ini.

  46. Khoirotul inzani says:

    Menarik banget tips”nya , sangat membantu

  47. roomhampa says:

    menarik bangett ka tips nya dan terimakasih atas tips nya yg sangat bermanfaat kaa🥰🥰

  48. wahyuindah says:

    wah bener nih. harus cari yang punya stok baru ya. soalnya ada toko di tempat saya ngeselin banget. stok lama dijual juga. kadang sudah gak layak makan masih ada juga. ngerugiin pembeli kan itu.

  49. Kalau saya sih yang deket aja.Soalnya kalau jauh kan susah bawanya misalkan belanja banyak. Lalu soal harga juga penting karena terkait jumlah untung saat dijual kembali. Dan yang tak kalah penting juga pelayanan. Kalau penjualnya ramah, tentu yang beli jadi seneng. Aku pun begitu. Aliasnya yang sama-sama menguntungkan.

  50. Wah, saat kita sudah memilih toko grosir pastinya lebih nyaman Mbak. Saya juga begitu, biasanya lihat barang yang perputarannya juga cepat dan dekat.

  51. Klo pilih sembako pastinya pilih yang terbaik dan murah ya mba. Bagus banget ada Gofresh saat begini,, jadi memudahkan suplai barang, ada free ongkir pula 🙂

  52. Sunardi says:

    Good info yg berguna buat kita agar jangan sembarangan memilih

  53. Belanja sembako emeng lebih milih yang deket dan murah, klo Ada GoFresh gini jadi lebih ngebantu,, ya mba 🙂

  54. Buat saya ada harga ada rupa. Baik itu barangnya dan pelayanannya. Kalau dari situ menunjang semua, pasti balik lagi. Terima kasih tipsnya 😍

  55. VIENA SUKMAWATI says:

    tipsnya bermanfaat bgt buat saya yg masih struggling milih tempat pasokan bahan baku, baru mau mulai usaha blm ada pengalaman apa apa. terimakasih mba atas tipssnya.

  56. Muhammad ihsan says:

    Iya bener sekali

    Sebagai seorang konsumen kita harus memilih sembako dan produksi barang yang baik agar bisa dikonsumsi

  57. Mei says:

    Bahasanya mudah banget dipahami dan juga pemahaman yang luas

  58. Nur says:

    tips yang sangat bermanfaat untukku. apalagi aku seorang yang pemilih banget apalagi untuk groceries yaaa. kalau lagi belanja jiwa mak2ku keluar, pinginnya yng murah tapi kualitasnya harus bagus doong

  59. Kalau buat mereka yang punya usaha kuliner ini jelas penting banget bisa nemu supplier sembako buat penunjang kulinernya, dengan memenuhi tips yang mbak berikan di atas.
    Kalau buat pribadi, untuk stok sehari-hari, juga membantu banget deh, jadi lebih praktis termasuk jika dapatin free ongkir dan kita tinggal menunggu paket sembako yang telah dibeli,
    Makasih sharingnya ya mbak

  60. Baru tau ada GoFresh karena biasanya pake GoFood aja nih pake nya

  61. info yang pas banget nih mba, kebetulan lg merintis usaha. kendala saya jelas karena lokasinya agak jauh untuk dapat bahan2 yang berkualitas. Gofresh bisa jadi solusi tepat sepertinya

  62. Kl ada langganan memang enak, jd dah saling percaya. Tp adakalanya pindah langganan ktpt lain, karena tpt lain lebih baik layanannya hehe
    Yg kekinian sih ya GoFresh ini yaa
    Tq infonyaa

  63. Putri says:

    bergunaa bgt ini kak, terimakasih!

  64. Ada banyak cara dalam memilih supplier sembako, mulai yg murah, lengkap barang2nya, cepet pelayanannya dan yg paling penting ramah

  65. […] Baca juga : Tips Memilih Supplier Sembako […]

  66. Kadang tuh bingung mau ambil di pasar mana untuk urusan sembako. Kadang juga beli sembako karena yg jual merasa banyak yg butuh jadi pelayanannya kurang oke. Huhu

  67. Purwaningrum SE says:

    Wow makasih mbak tips dan trik memilih supplier sembako sangat bermanfaat sekali. Semoga lain waktu kita bisa jadi suplier sembako sendiri

  68. wahyuindah says:

    Bisa nih jadi bahan masukan. apalagi pakai gofresh ya. udah terbukti kualitasnya.

  69. Go fresh dari go-jek ya Mba sita?
    Go jek selalu punya inovasi baru ya Mba, untuk memudahkan kita yang mencari supplier untuk bahan baku usaha kita.

  70. Mantab. Jadi sekarang kita enggak perlu bingung-bingung. Mau buka warung makan pun bisa tinggal pesan di GoFresh ya bahan bakunya.

  71. wah gojek ini semakin meluas aja jejaring bisnisnya…kita bisa jadi supplier juga kaan dengan aps ini/

  72. Di masa pandemic ini, memang pilihan secara online menjadi bagian dari keseharian ya kak, termasuk untuk mencari supplaier, kalau ada yang aman dan mudah kenapa meski repot, apalagi bisa free ongkir pula.

  73. Ayya says:

    Belanja sembako memang harus yg dekat & sudah kita tau keterjaminan kualitasnya. Jaman sekarang harus teliti dlm membelanjakan sembako utk kebutuhan sehari2.

  74. Tsurayya says:

    Belanja sembako memang harus yg dekat & sudah kita tau keterjaminan kualitasnya. Jaman sekarang harus teliti dlm membelanjakan sembako utk kebutuhan sehari2.

  75. may says:

    thanks buat tips nya, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *