Liputan

Belanja Sayur Online di Solo

Belanja Sayur Online di Solo

Belanja Sayur Online di Solo

Sesuatu yang Baru

Belanja sayur online di Solo? Ngapain? Bukankah di Solo sangat mudah mencari sayur mayur? Pasar tradisional, warung-warung di kampung, atau tukang sayur keliling kan banyak? Itu dulu, ketika wabah corona belum melanda Indonesia. Tak ada yang menyangka keadaan berubah total sejak pertengahan Maret lalu.

Untuk sementara saya tidak pergi ke pasar atau ikut gabung ibu-ibu cari bahan masakan saat pak sayur keliling datang. Menikmati warna warni sayur dan buah di bronjong pak sayur itu rasanya menyenangkan sekali. Bayam dan kangkung segar yang dibawa dari daerah Karanganyar menjelang subuh, masih basah ketika saya ambil. Labu kuning, singkong, ketela dan aneka buah juga selalu dibawa. Tak hanya itu deretan lauk pauk juga lengkap tersedia. Tinggal pilih, mau ayam, lele, udang, daging sapi, atau tahu tempe. Semua dagangan sudah dikemas dalam plastik kecil yang harganya mulai dua ribuan.




Sejak pemberlakuan social distancing, banyak hal perlu disesuaikan dengan keadaan. Saya yang setiap hari membeli sayuran segar di pasar atau di tempat tukang sayur keliling, mulai membatasi pergi ke luar rumah. Beruntung karena teknologi menyediakan kemudahan dan saya tetap bisa belanja sayur secara online.

Tempat Belanja Sayuran online di Solo

Sebenarnya cara belanja sayuran online ini sudah saya lakukan sejak lama, terutama saat tidak sempat menunggu tukang sayur keliling datang. Biasanya saya cukup mengirim sms (sekarang sudah via whatsapp) memesan sayur mayur yang saya beli dan menunggu diantar sampai ke rumah, bayar dan langsung dimasak.

Tetapi terkadang saya pilih menunggu pak sayur datang dan menikmati warna warni dagangan yang dibawanya. Seringkali tanpa rencana, saya malah membeli labu, kacang tanah, brokoli, atau jajan pasar. Kalau melihat, memlilih dari bronjong sayur rasanya lebih puas, dibandingkan hanya memesanna saja.

Nah, sejak pandemi corona terjadi, makin banyak penyedia layanan belanja sayur online di kota Solo. Beberapa diantaranya adalah yang saya tulis berkut ini :

1. GAGEGROW

Belanja Sayur Online di Solo Gagegrow
Belanja Sayur Online di Solo : Gagegrow

Gagegrow adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pelayanan antar (delivery) untuk sayuran segar dan buah di kota Solo. Sayuran segar yang disiapkan untuk pelanggan adalah sayur dari pasar tradisional Cepogo Boyolali, Tawangmangu Karanganyar, dan Ngablak Kopeng. Sedangkan buah segar didapat dari pasar pemasok buah terbesar untuk daerah Solo dan sekitarnya, yaitu Pasar Gedhe.

Gagegrow melakukan pemilihan dan pembersihan terlebih dahulu, sebelum sayuran pesanan dikirim. Mengapa?  supaya konsumen mendapatkan produk berkualitas. Mengenai harga, Gagegrow mematok harga yang lebih rendah daripada harga di pasar modern (supermarket).

Untuk mendapatkan sayur segar melalui Gagegrow, pembeli dikenakan tarif pengiriman sebesar Rp. 10.000. Ongkir ini berlaku untuk seluruh wilayah di kota Solo. Cara memesan bisa melalui web Gagegrow : https://gagegrow.idpasar.com/. Selain sayur segar, tersedia juga buah, bumbu dan daging segar. Pesanan hari ini akan dikirim esok hari antara pukul 06:00 – 12:00 WIB, sedangkan pemesanan dilayani sampai pukul 18:00 WIB, pembayaran bisa secara Cash on Delivery (Bayar di tempat) atau transfer.

Tertarik belanja di sini? Bisa langsung buka website, atau kontak customer Service 085773354466.

Baca juga : Stay at Home? Ini Dia 5 Ide Kreatif Kegiatan Anak di Rumah Anti Gabut

2. PONO

Belanja Sayur Online di Solo PONO
Belanja Sayur Online di Solo PONO

PONO berdiri di tahun 2019 bawah Badan Hukum PT. JITU BOGA PERSADA. Meyediakan layanan belanja kebutuhan rumah tangga seperti sembako, sayur daging dan buah yang dibeli dari pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Solo tanpa harus keluar rumah.

Cara belanja sayur online di PONO adalah dengan mengunduh daftar produk dan harga terbaru di www.pono.co.id. Tahap selanjutnya adalah menulis data diri dan informasi yang meliputi nama, alamat, nomor telpon dengan lengkap dan sesuai dengan identitas yang berlaku. nah, setelah itu mengisi format order sesuai dengan yang tertera di pricelist dengan menyertakan kode nomor, nama barang dan jumlah barang yang dipesan.

Pemesanan dilayani di nomor Whatsapp 085-326-500-100 atau 0822-8181-8868 (salah satu saja, ya supaya tidak terjadi doubel order). Untuk pembayaran dilakukan melalui transfer. Biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli sesuai dengan tarif jasa pengiriman ojek online dan dibayarkan langsung ketika barang dikirim.



Open order di PONO mulai pukul 09:00 sampai 20:00 WIB. Pembayaran melalui transfer sudah harus dilakukan sebelum pukul 21.00. Sedangkan pengiriman belanja sayur onlinedilakukan keesokan harinya sesuai dengan antrian pembayaran. Untuk memperkirakan ongkir, teman-teman bisa menghitungnya dari lokasi pengiriman, yaitu di daerah Manahan, Kecamatan Banjarsari, Solo.

3. Tukangsayur.co

Belanja Sayur Online di Solo Aplikasi Tukangsayur.co
Belanja Sayur Online di Solo Aplikasi Tukangsayur.co

Tukangsayur.co merupakan startup digital ini dari perusahaan PT Mahakarya Tukang Sayur Indonesia. Tukangsayur.co ini dirintis pada 2016 oleh Chelly Triwibowo (Founder) dan Endang Achmad selaku Co-Founder. Tukangsayur.co menggandeng penjual sayur keliling maupun rumahan sebagai mitra. Sedangkan pasar tradisional sebagai tempat kulakan mereka.

Selain sayur-mayur, penyedia belanja sayur online ini juga menyediakan buah-buahan, daging, ikan, hasil laut, bumbu dapur, dan kebutuhan dapur lainnya. Pesanan hanya dilayani melaui aplikasi Tukangsayur.co, dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Sementara setiap transaksi akan dikirimkan ke rumah konsumen pukul 06.00 WIB – 10.00 WIB. Karena jumlah peminat yang makin banyak, waktu pengiriman diperpanjang sampai pukul 15.00.

Pembayaran dilakukan dengan COD atau bayar di tempat dan transfer, sedangkan ongkos kirim yang dibebankan pada pembeli sebesar Rp. 10.000. Tukangsayur.co, mengembangkan komoditas jualan dengan menyediakan paket sayur siap masak. Tukangsayur.co juga tersedia di kota-kota lain, teman-teman cek aja di play store, ya.

Baca juga : 5 Tips Nyaman Saat Harus Kontrak Rumah

4. Kios Mas Tion Pasar Gede Solo

Belanja Sayur Online di Solo Kios Pasar
Belanja Sayur Online di Solo melalui Pedagang Kios Pasar

Ini adalah salah satu contoh kios yang mengembangkan layanan offline atau beli di tempat dengan layanan online atau pesan antar. Selain kios Mas Tion masih banyak lagi pedagang pasar besar di Solo (seperti Pasar Gedhe atau Pasar Legi) yang melayani belanja sayur online di Solo.

Cara penjualannya lebih sederhana, namun juga lebih mengena dan mudah dilakukan yaitu melalui pesan whatsapp. Penyedia kirim antar sayur online seperti kios Mas Tion ini mengupdate daftar harga terbaru yang berlaku dengan broadcast whatsapp. Pemesanan dilayani sesuai dengan jam buka kios. Ongkos kirim dibebankan pada pembeli sesuai jarak atau alamat pengiriman, untuk pembelian diatas Rp. 100.000 dberikan bonus free ongkir.

Kios pasar yang menyediakan layanaan pesan antar ini juga melayani pemebelian bahan makanan selain sayur mayur. selain melayani kebutuhan rumah tangga, kios pasar juga memasok kebutuhan restoran, cafe, hotel, catering dan rumah sakit.

5. Tukang Sayur Keliling

Belanja Sayur Online di Solo tukang sayur keliling
Chat saya dengan tukang sayur keliling langganan

Ini yang sudah ada sejak lama, tukang sayur langganan. Tiap pagi ada ratusan pedagang sayur keliling yang sebagian besar berasal dari wilayah Karanganyar. Sayur segar Tawangmangu diambil dari pasar Karangpandan. Seperti juga dua pedagang sayur langganan saya, pak Larso dan pak Supardi, keduanya berasal dari daerah Karanganyar.

Menurut penuturan Pak Pardi, sekitar pukul 02.00 para pedagang sayur memulai aktifivitas mereka dengan mengambil barang dagangan di pasar Karangpandan. Sekitar pukul 05.00, atau setelah bronjong penuh bahan makanan segar, mereka menuju arah kota Solo. Sekitar pukul 06.00, ibu-ibu sudah sumringah mendapat bahan untuk sarapan, saya sendiri baru menerima kiriman sayur sekitar pukul 08.00. Sayur belanjaan tersebut saya masak untuk sajian makan siang dan makan malam. untuk sarapan, saya memasak bahan yang saya beli sehari sebelumnya.





Teman-teman di Solo, pasti punya langganan tukang sayur keliling, kan? nah simpan saja nomor whatsappnya dan lakukan pembelian kebutuhan dapur dengan cara online.

Itulah 5 penyedia layanan belanja sayur online di Solo yang saya ketahui. Diantara kelimanya, saat ini saya masih setia menggunakan jasa tukang sayur keliling langganan. Selain sudah mengenal mereka, saya bisa dengan udah memesan belanjaan lewat whatsapp. Belanja sayur online bisa saya lakukan sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Mudah, aman dan nyaman, kan?

Tiap daerah pasti memiliki kebiasaan sendiri-sendiri, kekhasan masing-masing. Nah, bagaimana cara teman-teman belanja sayur online selama pemberlakuan social distancing, silakan tulis di kolom komentar.

 

Salam Hangat

sitaturrohmah.com

About Author

Freelance writer

(28) Comments

  1. Sekarang semua dimudahkan dengan layanan online ya mbak. Di Jogja juga mulai banyak nih. Kemarin saya coba beli buah secara online. Kalau sayuran, masih mengandalkan abang sayur yang lewat di depan rumah. Selama dia masih keliling, masih amanlah urusan perdapuran kita😍

    1. Neni Heryani Schmitz says:

      Wah contoh bisnis on line baru neh sayur-sayuran ngga perlu cape2 keluar rumah. Terimakasih infonya,

      1. dan justru sejauh ini tukang sayur keliling masih jadi favorit karena biasanya udah langganan,kan? pastinya lebih nyaman juga untuk belanja

    2. betul banget mbak, di tukang sayur keliling biasanya juga ada buah, tapi untuk konsumsi sendiri. kalau yang buat hantaran mungkin bisa online ke toko atau kios buah, ya?

  2. wah sekarang lebih dimudahkan ya dengan digital. lambat laun tukang sayur apa-apa online nih. saya juga mau coba tapi belum sempat nih. padahal butuh haha, masih belum tahu bagusnya pakai aplikasi apa kalo untuk daerah bekasi. nanti cari tahu deh.

    1. saya malah lebih sering beli online, mbak. praktis, hemat dan cepat

  3. Tadi pas awal saya baca, saya rasanya kasian sama tukang sayur keliling. Ternyata, di nomor terakhir dia muncul. Ikut beradaptasi dengan keadaan ya.

  4. Enaknya ya Solo udah ada beli sayur online. Mungkin di semarang juga ada kali ya. Cuma Yuni yang nggak ngerti.

    Jadi benar-benar stay at home lah ya. Nggak keluar-keluar rumah sama sekali.

    Hehehe

    1. coba aja buka di playstore mbak, di tempat saya sih ada banyak, beberapa akun yang saya buka ada keterangan area solo, artinya ada juga di area lain

  5. Perlu dicatat nih, terutama yang berada di wilayah Solo dan sekitarnya. Apalagi saat #stayathome, aplikasi kayak begini penting banget bagi kita.

    1. rasanya aplikasi belanja sayur online ada di tiap kota, ini memudahkan kita yang #stayathome tapi kebutuhan gizi terpenuhi

  6. Di komplek perumahan saya masih ada warung sayur yang berjualan. Masih tetangga, jadi masih bisa belanja sayur setiap hari. Tapi tetap untuk saat ini belanjanya dua kali seminggu, supaya gak terlalu sering keluar rumah

    1. saya juga mbak, 3 hari sekali belanjanya, biasanya sih sama pak sayur keliling langganan, malamnya pesan belanjaan, paginya dikirim

  7. Nomor 5 yang paling sering, pesen dulu via WA malamnya, besok pagi diantar sama abang sayurnya. Praktis, apalagi pas mesti #dirumahaja bengini. Tapi ya gitu, kadang ada terlupa pesen ini itu huhuhu

    1. sama, mbak Dian. saya juga sering WA malam harinya, besuk pagi pak sayur antar sampai rumah. hemat, cepat, praktis dan kebutuhn gizi terpenuhi

  8. Erny Kusuma says:

    Wah pas masa say at home krn virus, belanja sayur online bisa jd pilihan ya mb. Jd gk ush kluar rmh dan aman buat kita.

    1. aman juga buat kantong, mbak. karena kadang kalau ke pasar sebagian besar yang kita bawa pulang tidak ada di daftar barang belanjaan, haha

  9. Saya belum pernah coba belanja sayur via online, entah ada atau tidak di Makassar. Saya masih menikmati belanja subuh di pasar sayur dekat rumah. Saat belanja saya pakai masker dan berjarak, untungnya kalau belanja setelah salat subuh, pembeli masih kurang, masih satu dua orang yg belanja

  10. Putri says:

    Udah setahun di Solo, pengen gt punya langganan abang2 tukang sayur, soalnya kalau tiap hari ke pasar gabisa.😪😪 kaya yg nomer 5 gt. Ada referensi ga buat saya?? Terimakasih

    1. tinggalnya di daerah mana kak? saya ada 2 langganan tukang sayur nih. 0852-2918-4964 (Pak Larso) sama 0823-2280-6380 ( Pak Pardi). Bisa dipesan malam harinya nanti pagi diantar dan kita bayar. tapi pastikan lokasi tempat kakak tinggal ada di wilayah keliling pak sayur, ya. soalnya kalau nggak salah mereka punya wilayah langganan masing-masing

  11. Nia says:

    Yg Kios Mas Tion punya nomernya g mbak?

    1. ada, mbak Nia. mbak klik aja di sub judul artikel Kios Mas Tion, nanti akan diarahkan ke nomor whatsapp admin kios (semoga belum ganti, ya) atau coba kontak ini mbak 6281328418955. terima kasih sudah membaca artikel ini.

  12. kang sayur online emang paling manteb sih mbak sepengalamanku. Apalagi kalao kang sayurnya kasih bonus dagangannya, emak2 begini pasti demen. hahahhahaha

    1. bener ini, apalagi kalau udah agak siang, keseringan dikasih bonus sayuran deh

  13. informasi seperti ini beneran penting banget di masa pandemi gini. Aku juga bikin untuk wilayah semarang mba. Apalagi aku sendiri juga konsumen belanja sayur via online

    1. aku juga bikin karena merasa terbantu dengan keberadaan pedagang sayur online. KW yang sama kah mbak? udah pasti page one deh

  14. […] Baca juga : Belanja Sayur Online di Solo […]

  15. […] Baca juga : Belanja Sayur Online di Solo […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *