Lomba

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University

UNTAN Cyber University
UNTAN Cyber University
Kampus UNTAN Cyber University (Foto : www.untan.ac.id)

 

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, terletak di pusat kota Pontianak. Tepatnya di Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi atau Jl. Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Di depan kampus UNTAN terdapat tugu Digulis yang sangat termasyhur. Kawasan ini bahkan terkenal dengan sebutan bundaran UNTAN.

Nama UNTAN memang sangat akrab di telinga masyarakat Kalimantan. Bukan hanya karena merupakan universitas pertama di Kalimantan Barat saja, tetapi juga merupakan institusi preservasi ilmiah dengan reputasi pendidikan yang berkualitas. Universitas Tanjungpura berdiri pada tanggal 20 Mei 1959. Saat ini memiliki 9 fakultas dengan 95 program studi, dengan jenjang pendidikan S1, S2, S3 dan D1, D3, dan D4.

UNTAN cyber university_bundaran UNTAN
UNTAN cyber university, bundaran UNTAN yang ikonik

Prestasi UNTAN Cyber University

Mutu sebuah universitas tentu akan menjadi pertimbangan para calon mahasiwa untuk mendaftar. Kualitas tersebut bisa diketahui dari prestasi apa saja yang sudah diraih. UNTAN, yang juga memiiki sebutan universitas dengan kampus terluas di Indonesia, mencatat segudang prestasi bergengsi. Tidak hanya prestasi mahasiswanya saja, sebagai sebuah institusi perguruan tingi, kiprah UNTAN cyber university tidak perlu diragukan lagi.

Universitas Tanjungpura berhasil meraih peringkat Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tahun 2019. Pencapaian tersebut secara rinci disebutkan bahwa semua program studi UNTAN mendapat peringkat B, bahkan beberapa program studi berada pada peringkat Akreditasi A.



Kabar terbaru dari UNTAN, 5 Dosen dan 24 Alumni UNTAN berhasil mendapatkan Beasiswa LPDP dari total 50 Penerima beasiswa LPDP Kalimantan Barat yang lulus tahun 2019. Universitas terkemuka, baik di Indonesia maupun di luar negeri akan menjadi tempat para penerima beasiswa ini, untuk melanjutkan studi program Magister dan Doktoral.

 

Baca juga : Memanfaatkan Google Classroom untuk Belajar dari Rumah

Sekilas Sejarah UNTAN

Cikal bakal UNTAN adalah Universitas Daya Nasional, yang didirikan oleh tokoh-tokoh politik dan pemuka masyarakat Kalimantan Barat. Saat itu UDN baru memiliki dua fakultas yaitu Fakultas Hukum dan Fakultas Tata Niaga. Pada tanggal 27 Mei 1963, universitas swasta ini dinegerikan menjadi Universitas Negeri Pontianak. Perubahan ini ditandai dengan dibukanya 2 fakultas baru, yakni Fakultas Pertanian dan Fakultas Teknik. Selain itu Fakultas Tata Niaga juga berubah menjadi Fakultas Ekonomi.

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University, terus berkembang dan mengalami kemajuan yang signifikan. Tanggal 14 September 1965, nama UNES berubah menjadi Universitas Dwikora.Β Β Fakultas baru kembali dibuka, yaitu Fakultas Ilmu Soial dan Ilmu Politik.



Tahun 1967, tepatnya tanggal 15 Agustus, nama universitas kembali mengalami perubahan, menjadi Universitas Tanjungpura (UNTAN). Perkembangan berikutnya adalah pelaksanaan integrasi Institute Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung Cabang Pontianak ke dalam UNTAN. Integrasi ini menambah lagi fakultas baru, yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

UNTAN cyber university
UNTAN cyber university salah satu kampus terbesar di Indonesia

Terus Bertumbuh dan Berkembang

Tonggak sejarah berikutnya terjadi tahun 1985, didirikan Politeknik UNTAN yang kemudian berubah menjadi Politekniik Negeri Pontianak (POLNEP) pada tahun 1997. bersamaan dengan perubahan ini, UNTAN membuka Program Diploma Tiga (D-3) Ilmu-ilmu Sosial. Satu tahun berselang, UNTAN kembali mengembangkan saya dengan membuka Program D-3 Budidaya Tanaman Perkebunan yang merupakan bagian dari Fakultas Pertanian.

Demi menjawab perkembangan zaman,Β  24 Juni 1998, UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University menyelenggarakan Program Studi Magister Manajemen (MM) UNTAN. Tahun 2000, dibukalah Program Strata Dua (S2) Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial untuk dua Program Studi ( Administrasi Negara dan Sosiologi). Satu tahun kemudian, dibuka juga Program S2 Studi Ilmu Hukum.




Tahun-tahun berikutnya selalu ada kemajuan yang tercatat di UNTAN. Seperti berkembangnya Fakultas Pertanian yang menambah beberapa Program Studi, berupa Sosial Ekonimi Pertanian, Budidaya Tanaman Perkebunan. UNTAN juga mengantongi izin menyelenggarakan Program-program Studi Matematika, Kimia, Biologi dan Fisika untuk jenjang S-1.

Universitas Tanjungpura terus mengembangkan diri, hingga saat ini sudah melayani pendidikan mulai jenjang D1, D2, D3 dan D4, juga S1, S2, hingga S3. Saat ini tercatat ada 31 ribu lebih mahasiswa yang tersebar dalam 9 Fakultas dan 95 Program Studi.

Baca juga : Kemudahan Penggunaan Aplikasi Zoom

Kampus Kekinian dan Berkemajuan

UNTAN cyber university_kampus kekinian
UNTAN cyber university kampus kekinian

 

UNTAN Membangun Ekosistem Digital Menuju Cyber University selalu berusaha menyejajarkan diri dengan kemajuan zaman. Rektor Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si mengatakan salah satu usahanya adalah dengan melakukan penguatan institusi ( Institusional strengthening ).

Penguatan institusi secara berkelanjutan dilakukan melalui jejaring kerjasama dengan perguruan tinggi lain,Β  pemerintah dan pihak swasta. Jejaring ini tidak hanya dibangun di lingkup regional saja, tetapi juga pada tataran nasional maupun global. Dengan demikian pengakuan eksistensi UNTAN tetap terpelihara dengan baik.

Cyber University UNTAN memiliki visi menjadi institusi preservasi dan pusat informasi ilmiah di Kalimantan Barat. Dengan demikian kampus di Pontianak ini, mampu mencetak lulusan yang bermoral Pancasila dan mampu berkompetisi di ditingkat daerah, nasional, regional maupun di kancah internasional.

 

* Artikel ini diikutkan dalam kontes blog SEO UNTAN 2020

About Author

Freelance writer

(71) Comments

  1. Sukses buat UNTAN menuju Cyber Univercity

    1. Sukses UNTAN adalah sukses kita semua bangsa Indonesia

  2. Semoga aja semakin banyak lulusan untan yang berkualitas. Apalagi dengan ditambahnya fakultas baru. Tentu mempermudah masyarakat di Kalimantan yang ingin menempuh pendidikan sesuai passionnya.

    1. yes, setuju

  3. UNTAN Universitas Tanjungpura, gedung rektoratnya keren dan sangat eksotis, apalagi ditambah system cyber menjadi lebih wah deh pokoknya

  4. Kokoh Hendra says:

    Betapa pentingnya pendidikan bagi para masyarakat di suluruh Indonesia. Dengan adanya cyber kampus memperluas penetrasi pendidikan walau tak sampai kepelosok-pelosok daerah karena pastinya akan terkendala dengan masalah internet.

    1. tapi rasanya makin luas tu koh provider menjelajah makin banyak daerah yang terakses internet. semoga bikin pendidikan di Indonesia lebih maju lagi ya.

  5. Wah udah banyak yang A ya akreditasi program studinya. Bagus nih Universitas Tanjungpura membangung ekosistem digital menuju cyber university ya. Nice share Sis

    1. Cyber university merupakan keniscayaan jalur pendidikan di masa depan. Untan semakin dini menerapkannya maka semakin bisa bersaing di masa depan… πŸ™‚

      1. jadi bangga ya sama Indonesia

        1. Untan ini bisa menjadi potret pendidikan di masa depan ya mbak. Keren banget inovasinya menjadi cyber university agar siap bersaing

  6. UNTAN menjadi pionir universitas di Kalimantan dengan cyber university yang mereka gagas ya Mba sita. Semoga ke depannya UNTAN selalu mengadakan perbaikan dan juga gebrakan baru di dunia perguruan tinggi..

  7. Waaah saya jadi kangen Untan Mba Sita. Terakhir ke sana 2007 dan ngumpul sama teman-teman dari Fakultas Kehutanan. Kita ekspedisi bareng ke Bukit Baka Bukit Raya, lewat Nanga Pinoh, lanjut ke perbatasan Kalbar-Kaltim. Benar-benar pengalaman tak terlupakan.

  8. Ohh UNTAN itu singkatan dari Universitas Tanjungpura ya. Keren juga kampusnya, apalagi fakultasnya banyak peminat.

  9. Tammy says:

    Ga hanya bangunannya yang keren ya kak. Untan ternyata punya banyak prestasi, dosen dan mahasiswa yang dapat beasiswa, juga sebagai universitas pertama di Kalimantan Barat.

  10. Sudah banyak yang terakreditasi A ya, bagus buat penerimaan mahasiswa baru. Semoga keberadaan untan bisa turut memajukan wilayah kalimantan barat

  11. Jumlah prodi UNTAN sangat banyak ya Mbak, hampir 100 prodi. Sangat direkomendasikan banget kampus ini sebagai tempat kuliah calon mahasiswa di Kalimantan, apalagi akreditasi institusinya sudah A.

  12. Barakallahu UNTAN, semoga bisa memfasilitasi para calon calon sarjana dengan baik lagi apalagi menuju cyber university…masyaAllah keren deh UNTAN..artinya semakij banyak lapisan Indonesia yang tersentuh pendidikan digital

    1. aamiin, semoga Allah berkenan memberi banyak kemudahan

      1. Aamiin ya Allah

  13. wah kampus bagus ini ya, apalagi sudah menuju menjadi cyber university pasti banyak metode pembelajaran yang oke punya dan modern. kampus oke punya nih.

    1. sepakat, mbak. kampus UNTAN memang oke punya

  14. Wah ternyata UNTAN makin keren ya, bakal jadi universitas terkemuka karena kecanggihannya.

    1. yes, keren dan canggih

  15. UNTAN keren terus bertumbuh dan berkembang serta mengikuti jaman membangun ekosistem digital menuju cyber university. Menarik sekali ini:)

    1. yup! bener banget mbak, mengikuti zaman sesuai kebutuhan

  16. Ini universitas modern sekali ya kak karena melek digital bgt sesuai dengam visinya…

    Coba aku masih muda dan masih pantes kuliah. Haha. Pengen pilih kampus ini deh

    1. kan ada jenjang S2 S3 kak, masih pantes banget lah

  17. Baru tau istilah cyber university ini, dengan program cyber university diharapkan dapat hasilkan lulusan yang mumpuni ya πŸ‘Œ cerdas luar dalam *eaak

    1. betul banget, jadi pintar off line maupun online

  18. Jasmi Bakri says:

    Gini nih harusnya kampus-kampus di Indonesia. Emang udah sepatut ya dijadikan cyber university biar gak kalah sama kampus negara tetangga. Salut untuk UNTAN

    1. yes, aku setuju πŸ™‚

  19. Wah keren, pendidikan di Indonesia jadi makin merata ke semua lapisan
    Sukses selalu

    1. aamiin… biar anak bangsa makin berdaya

  20. pengen ngampus lagi deh rasanya pas baca postingan ini hehe. Dan jujur ini pas banget deh keadaan jaman now skrg ini ya udah go digital banget

    1. iya kak, meenuju dunia digital itu sebauh keniscayaan. sesuatu yang pasti

  21. Recommend banget nih buat yang ingin masuk ke UNTAN
    karena dah Akreditasi A, tentu nggak perlu diragukan lagi.
    Apalagi sekarang generasi milenial dituntut agar melek teknologi,karena semua baik di instansi atau universitas kebanyakan udah menggunakan teknologi yang canggih-canggih

    1. supaya seiring dengan kemajuan zaman, ya kak

  22. Nah kalau sudah banyak kampus yang berkualitas seperti ini di masing2 provinsi.. kan jadi ga rebutan untuk masuk kampus dipulau lain

    1. lebih hemat jadinya kan, nggak perlu jauh-jauh ke pulau seberang

  23. haniwidiatmoko.com says:

    Pas banget iniii. Sekarang eranya serba digital. Apalagi institusi Pendidikan harus PJJ. Ya tinggal akses aja ke UNTAN. Semoga dibuka juga kelas jauh dan bisa online yah…

    1. sepeertinya ini sangat mungkin dan terbuka luas untuk terwujud, semoga segera ya

  24. Waahh kampusnya cantik banget.. tadi sebelum baca sekilas mikirnya ini kampus yg ada di LN lohh

    1. di Indonesia ini kak. Salah satu kampus paling luas di Indonesia, punya hutan konservasi juga, keren ya?

  25. wah ada kampusku loh di UNTAN jadi masuk salah satu lomba seo wah kereenn UNTAN

    1. Wah.. selamat kalau alumni UNTAN kampus keren nih

  26. Semangat kk bentar lagi nembus pageone

    1. thanks kaka

  27. Makin keren aja nih kampus UNTAN. Semoga kedepannya bisa menjadi kampus TOP di Indonesia dan menjadi kebanggaan kita semua

  28. Fide says:

    Wah, keren banget deh kampusnya. Dengan segudang prestasi. Pa lagi desain bangunannya yang megah.

  29. UNTAN ini bisa jadi pilihan jika kita ingin menyekolahkan anak ke perguruan tinggi. Akreditasinya A, selain itu 5 Dosen dan 24 alumninya berhasil mendapatkan beasiswa LPDP dari total 50 peserta. Itu artinya 50% berasal dari UNTAN. Benar-benar hebat nih kampus UNTAN

  30. Sukses untun Universitas Tanjungpura menuju universitas cyber.

    Moga makin maju dan mengharumkan nama Indonesia tentunya juga menciptakan generasi terbaik bangsa.

  31. Ada sedikit typo, tahun 1665 UNES berubah menajdi Universitas Dwikora.
    Salut dan bangga pada pencapaian UNTAN dalam membangun ekosisem digital menuju cyber university. Semoga makin sukses dan maju!

  32. Mantabs, gak kalah sama kampus di Jawa yaaa
    Saya penasaran ma kota Pontianak. Moga kelak bisa main ksana
    Salut πŸ™πŸ˜Š

  33. Wah Cyber University yaah. Keren UNTAN. Ngga kalah dengan kampus2 di sini. Mudah-mudahan semakin maju dan jadi rujukan mahasiswa Pontianak
    Aamiin

  34. Wah keren kampusnya. Selama ini orang-orang dari pulau jawa pergi kuliah ke Jawa, nah mungkin ini bisa menjadi pilihan sebaliknya bagi orang jawa yang ingin kuliah diluar jawa di kampus yang bagus.

  35. Mutia Ramadhani says:

    Sukses selalu yaaaa Untan, jadi Cyber University. Saya pernah ngebolang ke kampus ini pas 2007. Waktu itu ada ekspedisi bareng teman-teman Kehutanan Untan di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya. Seru banget. Mahasiswanya asik-asik.

  36. Beginilah seharusnya sebuah institusi pendidikan. Terus berinovasi, menyeimbangkan dengan kebutuhan, dan berani menangkap peluang-peluang baru. Sukses terus untuk UNTAN. Semoga terus menghasilkan lulusan berkualitas yang siap bertarung di kancah dunia. Aamiin.

  37. Wah keren ini kampusnya
    Fasilitas juga cukup lengkap
    Plus sudah terintegrasi dengan baik semua sistemnya ya
    Semoga makin maju UNTAN

  38. Di daerah Langkat ada juga daerah namanya Tanjung Pura (ibukota Kab. Langkat) Eh di Pontianak ada UNTAN ya Universitas Tanjung Pura. Zaman pandemi seperti ini tren banget ni kampus yg menerapkan digitalisasi scr baik

  39. Mbak ada typo di sejarah Untan
    Tahun yg tertera 1665
    Mungkin harusnya 1965 yah

    1. wah, terima kasih koreksinya mbak. Segera saya perbaiki

  40. BayuFitri says:

    Kalimantan beruntung ya punya Univeraitas keren spti UNTAN semoga bnyk lulusan UNTAN menjadi ahli cyber IT dunia dan mengharumkan Nama Indonesia

  41. Sejak awal aku berpikir UNTAN ini universitas dimana yaa, oh ternyata Universitas Tanjungpura di kal bar yaaa… Kalo aku taunya UnLAm di Banjarmasin kal sel… Hehe

    Btw, sukses selalu buat UNTAN ya

  42. Jujur saya baru tau UNTAN.
    Melihat dari ulasan diatas, ternyata UNTAN termasuk perguruan tinggi yang masuk diperhitungkan di Indonesia. Semoga semua lulusan UNTAN menjadi lulusan berkualitas dan bermoral..aamiin

  43. Keren ya kak kampusnya. Mana udah ngikutin perkembangan jaman lagi. Saya rekomendasikan ke teman deh yang dekat daerah situ.

  44. Cocok sekali untuk adik-adik yang baru lulus SMA atau MAN ini. UNTAN semoga mampu mencetak generasi berkarakter dan mumpuni.

  45. Dian Rahayu Permanasari says:

    Wah, hebat nih, Untan. Visinya keren. Menjawab tantangan zaman banget. Lulusan SMA sekitar Kalimantan tak perlu jauh-jauh ke Jawa kalau di sana sudah ada kampus sehebat ini

  46. Kalau sudah ada kampus sekeren ini, pastinya adik2 disana nggak perlu jauh2 lagi ya buat merantau mengejar kampus yg bagus kualitasnya, kecuali kl memang merantau buat sekalian cari pengalaman, ya gpp

  47. κ°•λ‚¨μŠ€μ›¨λ””μ‹œ says:

    I am really inspired along with your writing
    talents and also with the layout to your blog.
    Is that this a paid theme or did you modify it yourself?
    Anyway keep up the nice high quality writing, it’s uncommon to peer a great weblog like
    this one nowadays..

    1. thank you for your apreciation. this blog using paid theme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *