Health and Beauty

Lulur Sekar Sari Rahasia Kulit Sehalus Puteri

Lulur Sekar Sari
Lulur Sekar Sari
Lulur Sekar Sari

Kembalikan Kelembaban Kulit dengan Ramuan Tradisional

Apa kabar, Teman-teman Sita?

Berada #dirumahaja untuk waktu yang lama pasti banyak waktu tersisa, kan? Nah, waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk memanjakan diri, Salah satunya dengan scrubbing atau luluran. Dahulu kala, pada zaman kerajaan kuno, yang dinamakan mandi itu ya menggunakan ramuan lulur itu. Kalau ingin punya kulit halus bak puteri keraton? yuk mandi dengan Lulur Sekar Sari.

Kalau kulit terasa lebih kering, kusam, bahkan kasar, itu alarm kalau kulit perlu perawatan . Pemakaian losion untuk mengatasinya, terkadang hanya terasa lembut pada awal pemakaian, beberapa waktu kemudian kering dan kasar sudah terasa kembali.

Nah, supaya kelembaban kulit bertahan lama, kita bisa menggunakan lulur sebagai pengganti sabun mandi. Menggunakan lulur, juga bisa mengangkat kotoran yang menempel di kulit. Hal ini terkadang tidak bisa dilakukan ketika kita mandi dengan sabun. Bahkan kalau kurang bersih membilas, sabun yang tertinggal di kulit menimbulkan tumpukan kotoran juga.



Nenek moyang kita dulu menjaga kesehatan dan kecantikan dari dalam dan luar. Jamu, adalah minuman yang rutin dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh dari dalam. Sedangkan dari luar, salah satu yang digunakan sebagai skincare adalah lulur.

Mengulik Manfaat Lulur

Kalau para uteri keraton secara turun-temurun menggunakan lulur sebagai bahan alami skincare, pasti lulur memiliki banyak manfaat ya? Yuk kita kulik manfaat lulur satu demi satu.

1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang tidak diangakat atau dibersigkan dari badan akan menyebankan masalah kulit, seperti kulit kering, kusam, dan tidak bercahaya. Meskipun sudah mandi dengan sabun, sel kulit mati belum bisa terlepas. Karena sabun hanya hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit saja.

Baca Juga : Review Wardah Luminious Creamy Foundation Extra Cover

2. Membuat kulit lebih cerah

Setelah sel kulit mati terangkat, maka kilit tidak lagi tertutup sel kulit mati. Dengan begitu kulit akan terlihat lebih cerah dari biasaya.
Jenis lulur yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah seperti lulur kopi, bengkoang, dan lemon

3. Membantu Melembabkan kulit

Kulit yang lembab, adalah salah satu indikasi bahwa kulit dalam keadaan sehat. Dalam keadaan ini, kulit akan mudah menyerap nutrisi produk apa asaja yang diaplikasikan ke kulit.
Jenis lulur yang bisa membantu melembapkan kulit adalah seperti lulur bengkoang, kopi, zaitun, dan cocoa butter.

4. Membuat kulit halus dan lembut

Kalau pernah merasakan kuit kasar bahkan bersisik, bisa jadi penumpukan sel kulit mati sudah sedemikian tebal. Setelah sel kulit mati terangkat, akan terjadi pembentukan sel kulit baru yang sehat. Pada saat inilah tekstur kulit terasa lebih halus dan lembut.

Sila Baca yang ini : Review Erha Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Moisturizer

5. Membantu Menghambat Penuaan Kulit

Tidak bisa dipungkiri, usia adalah salah satu factor yang menyebabkan menurunnya kualitas kulit. Meskipun sangat alamiah, tetapi penuaan ini bisa diperlambat dengan perawatan yang baik. Caranya, dengan menghindari paparan radikal bebas, polusi, sinar matahari secara langsung, dan penggunaan skincare yang kurang bijak.

Bahan lulur yang dapat membantu mencegah penuaan seperti lulur green tea, madu, dan alpukat. Bisa juga dari bahan-bahan lain yang mengandung Vitamin E dan antioksidan.

6. Mengencangkan Kulit dan Membuat Rileks

Proses pemijatan yang dilakukan ketika mmemakai lulur, akan lebih membantu proses penyerapan kandungan nutrisi dari lulur. Pemijatan ini juga berfungsi melancarkan aliran darah. Manfaatnya akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan tubuh menjadi lebih rileks.



Lebih Dekat dengan Lulur Sekar Sari

Sejak saya remaja, saya sudah mengenal salah satu produk lulur dengan bahan tradisional. Setelah sekian lama, ternyata produk itu masih ada, loh. Namanya lulur Sekar Sari. diproduksi PT. Sekar Sari Alami Solo. Tepatnya di Jl. Untung Suropati 54, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Kalau jarak dari rumah saya ke pabrik lulur ini sekitar 6 Km lah, cukup dekat kan? Letaknya berdekatan dengan kompleks Kereton Kasunanan Surakarta.

Varian

Lulur Sekar Sari tersedia dalam 5 macam pilihan wewangian; green tea, lulur kuning, lulur putih, wangi ratus, dan wangi jasmine.

Kompoisisi

Kelima varian ini memiliki kandungan isi yang hampir sama, terdiri dari oryza sativa starch, Curcuma Heyneanae, Rhizoma, Murrayae Folium, Vetiveriae Zizanioides Radix, Santali Lignum dan Fragrance. Yang membedakan satu produk dengan produk lainnya adalah pada fragrance atau pilihan aroma wewangian dan warna lulur.

Tekstur

Tekstur Lulur Sekar Sari
Tekstur Lulur Sekar Sari dengan butiran lembut seperti tepung

Lulur Sekar Sari memliki teksture lembut seperti tepung. Memiliki bau yang khas sebagai lulur dengan bahan tradisional, yaitu bau khas jejamuan (bau jamu).

Kemasan dan Harga

Lulur Sekar Sari dikemas secara sederhana, dan hanya tersedia dalam satu kemasan berukuran 30 gr. Dikemas dalam bungkus plastik dua lapis berukuran 8 cm X 5 cm . Yang pertama palstik kecil berisi lulur, dan plastik kemasan yang sedikit lebih tebal dari plastik berisi produk tadi.

Kertas berisi informasi produk dilipat menutupi lulur, sehingga lulur hanya tampak sedikit pada bagian samping. Saya membeli lulur ini dalam satu paket lengkap berisi 10 lastik, terdapat 2 plastik untuk masing-masing varian. Harga untuk satu paket ini adalah Rp.25.000, jadi harga satu plastiknya hanya Rp.2500, murah meriah, kan?

Saya sih membeli dari lapak online teman, tapi setahu saya sangat mudah untuk mendapatkan produk ini, baik di toko online maupun di toko offline. Jadi tidak harus membeli di toko kosmetik, bahkan di pasar tradisional juga ada, loh.

Mudahnya Menggunakan Lulur Sekar Sari

Lulur Sekar Sari, berbentuk bubuk halus yang kering, sehingga bisa bertahan lebih lama dibandingkan lulur dalam bentuk cair. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan sedikit air pada bubuk lulur, lalu mengaduknya supaya tercampur rata. Selanjutnya lulur digosokkan pada seluruh tubuh secara merata.

Setelah beberapa saat dan lulur mulai mengering, bilas dengan air hingga bersih. Supaya kelembaban kulit selalu terjaga, sebaiknya gunakan lulur paling tidak satu kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lulur bisa digunakan setiap hari.

Pengalaman Memakai Lulur Sekar Sari

Dari beberapa varian yang ada, pertama saya mencoba varian dengan aroma favourit saya yaitu wangi melati. Kalau dilihat dari kegunaannya lulur dengan bahan dasar beras, kunyit, kayu cendana, akar wangi ini, bisa membantu menghaluskan, membersihkan dan mengharumkan kulit.



Wah, cocok dengan kebutuhan saya, yang utama badan harus bersih, karena menumpuknya kotoran di badan mungkin ada yang tidak terangkat oleh sabun mandi. Lain waktu saya akan mencoba varian lain dari 5 varian lainnya.

Setelah Pemakaian

Seperti fungsi utama lulur yang mengangkat kotoran membandel, setelah menggunakan lulur badan terasa lebih enteng. Bagaimana tidak, butiran-butiran lembut lulur ketika digosokkan pada badan, mengangkat debu dan kotoran yang menempel, sekaligus mengembalikan kelembaban kulit.

Kulit menjadi lebih fresh, harum, dan terasa berbeda dibandingkan sebelum memakai lulur. Kelembaban pada kulit bertahan lebih lama dibandingkan jika kita menggunakan losion.

Nah, jika ada yang mudah dan murah untuk hasil yang mewah, mengapa harus cari yang lain? Saya merekomendasikan lulur Sekar Sari untuk teman-teman Sita yang ingin memiliki kulit sehat alami. Oh iya, kalau soal gimana merawat wajah bisa baca cara mbak lia yang juga menggunakan bahan tradisional.

About Author

Freelance writer

(57) Comments

  1. Aku juga suka pakai lulur tradisional saat mandi. Kulit rasanya lebih halus, lembab dan wangi seharian.

  2. Suka banget sama luluran, seringnya pakai varian kopi, tapi jadi pengin coba lulur sekar sari. Untuk tahu foto produknya bisa dilihat di mana mbak?

  3. bagi busui kaya saya, rasanya memang sulit nyari waktu untuk mandi lama. Apalagi harus luluran. Tapi, ini bisa menginspirasi di saat waktu saya lebih luang nanti. Terutama saat bayi mulai bisa ditinggal agak lama untuk mandi. Jadi pengen nyoba Lulur Sekar Sari deh.. bahan-bahannya serasa perempuan kerajaan ya.

  4. Aku juga sering mandi pakai lulur mbak apalagi srub nya mampu mengangkat kulit mati. Kalau untuk sekar sari aku belum pernah coba. Mau juga nih cobain.

  5. Lulur sekar sari ini sudah ada sejak dulu ya, dan banyak dipakai banyak orang. Jadi kualitas produknya sudah terjamin

  6. Berarti ini murni lulur ya, kak. Enggak ada campuran scrubnya. Oiya, pengaplikasiannya gampang ngga kak? Misalnya apakah perlu dicampur air mawar atau bisa langsung oles ke tubuh?

  7. Aku inget banget dulu pakainya lulur yang bubuk warna kuning itu ya mbak, tapi sekarang sudah banyak variannya. Aku sekarng suka pakai scrub jadi sambil mandi gak kotor kemana-mana. Jadi pingin nyobain lulur sekar sari. Enak memang kulit jadi halus habis pakai lulur ya tapi kalau tiap hari akunya males 🙂

  8. Setuju banget Kak, luluran selain bagus untuk kulit, juga bisa bikin rileks. Mumpung lagi WFH, aku jadi sering luluran juga. Ditambah sering ga kena matahari, jadi putihan rasanya sekarang.

  9. Setuju banget Kak, luluran selain bagus untuk kulit, juga bisa bikin rileks. Mumpung lagi WFH, aku jadi sering luluran juga. Ditambah sering ga kena matahari, jadi putihan rasanya sekarang hehehe

  10. Bagi saya lulur itu sangat penting banget untuk kulit, saya aja suka pake lulur untuk kulit lebih cerah. Pas banget dengan adanya pandemi ini haha auto pake lulur

  11. Saya jarang pakai lulur badan. Malas lamanya. Padahal efek ke kulit luar biasa. Jadi pengen nyoba. Mumpung pas WFH ini, jadi banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan

  12. Istriku juga lebih seneng pake lulur beginian daripada luluran di griya kecantikan. Selain waktunya fleksibel, harga juga murah hehe. Baru tahu ada Sekar Sari, bakalan pas banget luluran sewaktu karantina gini. Khasiatnya nomor 4 bener banget hehe, kulit emang jadi halus dan lembut.

  13. Aku suka banget luluran tapi belum pernah cobain yang ini. Mumpung lagi WFH nih sempertin luluran setiap hari hehe. Ini gak ada online shop nya ya kak harus langsung via WA gitu?

  14. Saya juga suka pakai lulur, terutama yang tradisional karena wanginya beda. Berasa kayak putri keraton kalau pakai yang tradisional, hehehe. Btw, kok gak ada penampakan produknya, mba? Kan, kalau minat, kita bisa dengan mudah mencarinya.

  15. Pernah jadi penggemar lulur dan pemakaiannya terus menerus. Trus belum ngelakuin lagi kebiasaan lulur begini mbak. Jadi inget ada produk lulur yg belum aku gunakan di rumah ibu.

    Btw aku penasaran seperti apa before after penggunaan lulur sekar sari ini mba. Soalnya aku tuh kalau pakai lulur mesti ngerasain kulit jadi lembab dan lembut.

    Penasaran lagi gimana hasil setelah menggunakan produk lulur ini deh heheheh
    Btw TFS ya mbak
    Nanti aku coba cari di marketplace favorit aku

  16. wah murah meriah sekali lulur ini, mau ah coba juga kebetulan sudah lama sekali belum luluran. Biar kulit tambah halus

  17. saya juga lagi senang lulur nih, kebetulan kemarin jg beli produk teman.
    ada lulur sekar sari, jadi pengen coba yang lulur putih dan kuningnya nih 🙂

  18. Wah ini salah satu me-time yang Dewi suka, luluran hihihi. Kalau pakai yang tradisional apalagi suka banget, kaya akan manfaat dan aman untuk kulit:)

    1. iya, aman jadi lebih tenang lulurannya ya

  19. Mauuu. Aku suka luluran. Selain biki kulit jadi halus dan lembut, aromanya udah kayak terapi aja. Bikin lebih rileks.

    1. pikiran dan badan jadi segar dan aktivitas lebih lancar

  20. lulur ini sudah jadi rahasia para putri keraton sejak dulu. Salah satu cara asli putri Indonesia untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. wahhh membayangkan nikmatnya dilulur langsung auto bahagia

    1. dimanjakan layaknya puteri keraton ya kak

  21. Kalau luluran itu memang bikin rileks buat anggota tubuh, tapi juga sekaligus membuat nyaman pikiran karena ada aroma segar darinya. Makanya bisa bikin lupa waktu juga sih kalau luluran haha

    1. keburu ada yang gedor pintu, “mama… aku mau pipis” haha

  22. Saya pun penggemar luluran,biasanya kalo di rumah seminggu dua kali melakukan luluran sebelum mandi. Tapi kalo lagi malas lebih memilih ke tempat spa,hihihi. Memang bagus banget untuk mengangkat sel kulit mati saat luluran ini ya mbak. Saya tertarik pengen cobain sekar sari ini biar halus kulitnya seperti putri keraton juga.

    1. kulit lebih sehat dan terawat, deh mbak

  23. Iya nih mba, skin carean skrh lbh baik kembali ke yang traditional, krna lbh aman, btw baca reviewnya jd tertarik cobain pake lulurnya

    1. silakan coba mbak, semoga cocok

  24. aku lama nggak luluran, tapi scrubbing, sering sih.
    oh iya mbak, aromanya kaya lulur tradisional jaman dulu ya? nggak menyengatkah? aku lama nggak pakai lulur dengan aroma begini soalnya

    1. anak-anakku sih ngak suka aromanya, mbak, bau jamu kata mereka. tapi beneran enak di kulit, ringan dan bersih gitu

  25. Dulu sebelum nikah sampai menjelang mau nikah, saya rajin pakai lulur. Eh sekarang udah nikah malah banyak magernya hihihi, sampai suami protes, dong! wkwkwk

    1. eh, sama, hihi saya kenal luluran tuh paspersiaaan nikah dulu. baru-baru ini setelah anak-anak agak gedean baru bisa luluran lagi

  26. Seminggu tiga kali aku juga suka luluran kak, dan memang betul kulit jadi cerahan dan bikin lebih halus. Boleh nih nyobain lulur Sekar Sari, banyak variannya pula. Selama ini nyobanya baru lulur biasa bukan bubuk hehe

    1. sebenarnya sama aja, sih. yang banyak dijual kan yang praktis langsung pakai

  27. Lulur mah emang udah jadi andalan sejak dulu ya kak, apalagi sekarang teknologi makin canggih model lulur bisa bervariasi. Aku baru dengan lulur sekar sari ini, jadi penasaran pengin coba juga yey

    1. ini memang lulur tradisional mbak, coba aja deh

  28. Lina W. Sasmita says:

    Dulu sering pakai lulur Sekar Sari ini. Berasa jadi Putri Keraton haha. Luluran itu kan kesannya mewah dan elegan.

    1. haha iya, mewah karena butuh waktu lebih lama dari sekadar mandi, paling nggak 20 menitan, lha mandi bisa cuma 5 menit

  29. Ternyata banyak banget ya manfaat dari luluran untuk kecantikan dan keindahan tubuh. Tapi lulur Sekar Sari ini bisa digunakan untuk laki-laki juga gak mbak? Mau nyobain nih wkwkwk

    1. bisa loh, kan cowok juga perlu menjaga kesehatan kulit, apalagi yang suka bolos mandi tuh, kalau habis luluran hilang uh daki-daki, wkwkwk

  30. membaca postingan ini tentu aku jadi ter-reminder buat lebih rajin lagi luluran nih mba..aku juga dulu suka pake yang sejenis sama lulur sekar sari ini deh

    1. biar kulit sehat terawat ya mbak

  31. Kayaknya wanita emang gak boleh jauh dari lulur, karena saya wanita saya juga suka menggunakan lulur, meski mandi luluran itu waktu yang mewah buat emak emak hahaha…

    1. oh, iya… mewah banget. semewah sajian mie goreng instan untuk anak-anak haha. kata anak-anakku tuh, makanan paling istimewa adalah mie instan, soalnya jarang keluar di menu harian

  32. Salah satu me time yang paling nyenengin itu luluran, biasanya aku suka panggil yang biasa ngelulur ke rumah-rumah, dan aku baru tau nih lulur sekar sari ini mbak. Lain kali cobain ahk

    1. saya pernah juga panggil mbak yang suka ngelulur dan pijat, sayang nih lagi masa pandemi ntar ah kalau semua sudah kembali

    2. ini simpel kok mbak, nggak ribet tingal dicampur dengan air dan dibalur aja. selanjutnya digosok-gosok kaya kita pakai sabun mandi, kalau udah mengering dibilas

  33. Saya termasuk orang yang males banget disuruh luluran. Produk luluran numpuk, suka beli tapi gak suka makenya hahaa.

    Ini jd pada nganggur, padahal luluran itu bagus bgt kan buat kulit.
    Ah, baca ini jadi pengen luluran malam ini 😀

  34. Antin Aprianti says:

    Aku biasanya pakai lulur cair dan memang nggak bertahan lama, pas banget baca ini jadi tertarik coba lulur bubuk kaya gini deh

  35. […] Baca juga : Lulur Sekar Sari Rahasia Kulit Sehalus Puteri  […]

  36. […] Baca juga : Lulur Sekar Sari Rahasia Kulit Sehalus Puteri […]

  37. Aku ngerasa seperti diingatkan kalo udah terlalu lama nggak luluran dan perawatan tubuh nih mbak, ahaha. Penasaran pengin nyobain lulur Sekar Sari juga deh jadinya.

    1. aku kalau berasa capek banget gitu trus luluran mbak, habis itu jadi lebih fresh, kaya kulit yang tebel karena kotor jadi terasa lebih ringan.

  38. […] Baca juga :Lulur Sekar Sari Rahasia Kulit Sehalus Puteri […]

  39. […] Perbedaan lainnya adalah bahwa antiperspirant tergolong sebagai obat dan deodoran termasuk produk kosmetik, bisa lebih dimengerti, […]

  40. […] Baca juga : Lulur Sekar Sari Rahasia Kulit Sehalus Puteri  […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *