Lulur Sekar Sari

Lulur Sekar Sari

Kembalikan Kelembaban Kulit dengan Ramuan Tradisional

Apa kabar, Teman-teman Sita?

Berada #dirumahaja untuk waktu yang lama pasti banyak waktu tersisa, kan? Nah, waktu luang ini bisa dimanfaatkan untuk memanjakan diri, Salah satunya dengan scrubbing atau luluran. Dahulu kala, pada zaman kerajaan kuno, yang dinamakan mandi itu ya menggunakan ramuan lulur itu. Kalau ingin punya kulit halus bak puteri keraton? yuk mandi dengan Lulur Sekar Sari.

Kalau kulit terasa lebih kering, kusam, bahkan kasar, itu alarm kalau kulit perlu perawatan . Pemakaian losion untuk mengatasinya, terkadang hanya terasa lembut pada awal pemakaian, beberapa waktu kemudian kering dan kasar sudah terasa kembali.

Nah, supaya kelembaban kulit bertahan lama, kita bisa menggunakan lulur sebagai pengganti sabun mandi. Menggunakan lulur, juga bisa mengangkat kotoran yang menempel di kulit. Hal ini terkadang tidak bisa dilakukan ketika kita mandi dengan sabun. Bahkan kalau kurang bersih membilas, sabun yang tertinggal di kulit menimbulkan tumpukan kotoran juga.



Nenek moyang kita dulu menjaga kesehatan dan kecantikan dari dalam dan luar. Jamu, adalah minuman yang rutin dikonsumsi untuk menjaga kebugaran tubuh dari dalam. Sedangkan dari luar, salah satu yang digunakan sebagai skincare adalah lulur.

Mengulik Manfaat Lulur

Kalau para uteri keraton secara turun-temurun menggunakan lulur sebagai bahan alami skincare, pasti lulur memiliki banyak manfaat ya? Yuk kita kulik manfaat lulur satu demi satu.

1. Mengangkat sel kulit mati

Sel kulit mati yang tidak diangakat atau dibersigkan dari badan akan menyebankan masalah kulit, seperti kulit kering, kusam, dan tidak bercahaya. Meskipun sudah mandi dengan sabun, sel kulit mati belum bisa terlepas. Karena sabun hanya hanya dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada kulit saja.

Baca Juga : Review Wardah Luminious Creamy Foundation Extra Cover

2. Membuat kulit lebih cerah

Setelah sel kulit mati terangkat, maka kilit tidak lagi tertutup sel kulit mati. Dengan begitu kulit akan terlihat lebih cerah dari biasaya.
Jenis lulur yang dapat membantu mencerahkan kulit adalah seperti lulur kopi, bengkoang, dan lemon

3. Membantu Melembabkan kulit

Kulit yang lembab, adalah salah satu indikasi bahwa kulit dalam keadaan sehat. Dalam keadaan ini, kulit akan mudah menyerap nutrisi produk apa asaja yang diaplikasikan ke kulit.
Jenis lulur yang bisa membantu melembapkan kulit adalah seperti lulur bengkoang, kopi, zaitun, dan cocoa butter.

4. Membuat kulit halus dan lembut

Kalau pernah merasakan kuit kasar bahkan bersisik, bisa jadi penumpukan sel kulit mati sudah sedemikian tebal. Setelah sel kulit mati terangkat, akan terjadi pembentukan sel kulit baru yang sehat. Pada saat inilah tekstur kulit terasa lebih halus dan lembut.

Sila Baca yang ini : Review Erha Skin Barrier Facial Wash dan Skin Barrier Moisturizer

5. Membantu Menghambat Penuaan Kulit

Tidak bisa dipungkiri, usia adalah salah satu factor yang menyebabkan menurunnya kualitas kulit. Meskipun sangat alamiah, tetapi penuaan ini bisa diperlambat dengan perawatan yang baik. Caranya, dengan menghindari paparan radikal bebas, polusi, sinar matahari secara langsung, dan penggunaan skincare yang kurang bijak.

Bahan lulur yang dapat membantu mencegah penuaan seperti lulur green tea, madu, dan alpukat. Bisa juga dari bahan-bahan lain yang mengandung Vitamin E dan antioksidan.

6. Mengencangkan Kulit dan Membuat Rileks

Proses pemijatan yang dilakukan ketika mmemakai lulur, akan lebih membantu proses penyerapan kandungan nutrisi dari lulur. Pemijatan ini juga berfungsi melancarkan aliran darah. Manfaatnya akan membuat kulit menjadi lebih kencang dan tubuh menjadi lebih rileks.



Lebih Dekat dengan Lulur Sekar Sari

Sejak saya remaja, saya sudah mengenal salah satu produk lulur dengan bahan tradisional. Setelah sekian lama, ternyata produk itu masih ada, loh. Namanya lulur Sekar Sari. diproduksi PT. Sekar Sari Alami Solo. Tepatnya di Jl. Untung Suropati 54, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo. Kalau jarak dari rumah saya ke pabrik lulur ini sekitar 6 Km lah, cukup dekat kan? Letaknya berdekatan dengan kompleks Kereton Kasunanan Surakarta.

Varian

Lulur Sekar Sari tersedia dalam 5 macam pilihan wewangian; green tea, lulur kuning, lulur putih, wangi ratus, dan wangi jasmine.

Kompoisisi

Kelima varian ini memiliki kandungan isi yang hampir sama, terdiri dari oryza sativa starch, Curcuma Heyneanae, Rhizoma, Murrayae Folium, Vetiveriae Zizanioides Radix, Santali Lignum dan Fragrance. Yang membedakan satu produk dengan produk lainnya adalah pada fragrance atau pilihan aroma wewangian dan warna lulur.

Tekstur

Tekstur Lulur Sekar Sari

Tekstur Lulur Sekar Sari dengan butiran lembut seperti tepung

Lulur Sekar Sari memliki teksture lembut seperti tepung. Memiliki bau yang khas sebagai lulur dengan bahan tradisional, yaitu bau khas jejamuan (bau jamu).

Kemasan dan Harga

Lulur Sekar Sari dikemas secara sederhana, dan hanya tersedia dalam satu kemasan berukuran 30 gr. Dikemas dalam bungkus plastik dua lapis berukuran 8 cm X 5 cm . Yang pertama palstik kecil berisi lulur, dan plastik kemasan yang sedikit lebih tebal dari plastik berisi produk tadi.

Kertas berisi informasi produk dilipat menutupi lulur, sehingga lulur hanya tampak sedikit pada bagian samping. Saya membeli lulur ini dalam satu paket lengkap berisi 10 lastik, terdapat 2 plastik untuk masing-masing varian. Harga untuk satu paket ini adalah Rp.25.000, jadi harga satu plastiknya hanya Rp.2500, murah meriah, kan?

Saya sih membeli dari lapak online teman, tapi setahu saya sangat mudah untuk mendapatkan produk ini, baik di toko online maupun di toko offline. Jadi tidak harus membeli di toko kosmetik, bahkan di pasar tradisional juga ada, loh.

Mudahnya Menggunakan Lulur Sekar Sari

Lulur Sekar Sari, berbentuk bubuk halus yang kering, sehingga bisa bertahan lebih lama dibandingkan lulur dalam bentuk cair. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya dengan menambahkan sedikit air pada bubuk lulur, lalu mengaduknya supaya tercampur rata. Selanjutnya lulur digosokkan pada seluruh tubuh secara merata.

Setelah beberapa saat dan lulur mulai mengering, bilas dengan air hingga bersih. Supaya kelembaban kulit selalu terjaga, sebaiknya gunakan lulur paling tidak satu kali dalam seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lulur bisa digunakan setiap hari.

Pengalaman Memakai Lulur Sekar Sari

Dari beberapa varian yang ada, pertama saya mencoba varian dengan aroma favourit saya yaitu wangi melati. Kalau dilihat dari kegunaannya lulur dengan bahan dasar beras, kunyit, kayu cendana, akar wangi ini, bisa membantu menghaluskan, membersihkan dan mengharumkan kulit.



Wah, cocok dengan kebutuhan saya, yang utama badan harus bersih, karena menumpuknya kotoran di badan mungkin ada yang tidak terangkat oleh sabun mandi. Lain waktu saya akan mencoba varian lain dari 5 varian lainnya.

Setelah Pemakaian

Seperti fungsi utama lulur yang mengangkat kotoran membandel, setelah menggunakan lulur badan terasa lebih enteng. Bagaimana tidak, butiran-butiran lembut lulur ketika digosokkan pada badan, mengangkat debu dan kotoran yang menempel, sekaligus mengembalikan kelembaban kulit.

Kulit menjadi lebih fresh, harum, dan terasa berbeda dibandingkan sebelum memakai lulur. Kelembaban pada kulit bertahan lebih lama dibandingkan jika kita menggunakan losion.

Nah, jika ada yang mudah dan murah untuk hasil yang mewah, mengapa harus cari yang lain? Saya merekomendasikan lulur Sekar Sari untuk teman-teman Sita yang ingin memiliki kulit sehat alami. Oh iya, kalau soal gimana merawat wajah bisa baca cara mbak lia yang juga menggunakan bahan tradisional.